Dunia Teknologi Informasi - Jurnal Online
Vol 1, No 1 (2012): Jurnal Dunia Teknologi Informasi

Rancangan Permainan Othello Berbasis Android Menggunakan Algoritma Depth-First Search

Mauza Saputri Handayani (Program Studi S1 Teknologi Informasi Fakultas Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi Universitas Sumatera Utara)
Dedy Arisandi (Program Studi S1 Teknologi Informasi Fakultas Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi Universitas Sumatera Utara)
Opim Salim Sitompul (Program Studi S1 Teknologi Informasi Fakultas Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi Universitas Sumatera Utara)



Article Info

Publish Date
17 Dec 2012

Abstract

Aplikasi game merupakan aplikasi yang banyak diminati oleh pengguna mobile phone untuk mendapatkan hiburan dan edukasi. Perkembangan game didukung oleh semakin canggihnya teknologi mobile phone yang ada baik secara model maupun operating system. Android adalah salah satu jenis sistem operasi mobile phone yang sedang berkembang saat ini. Salah satu jenis game bersistem operasi android pada mobile phone yang beredar luas antara lain game kecerdasan buatan, misalnya Othello. Othello merupakan salah satu permainan papan berbasis strategi yang dimainkan oleh dua pemain pada papan yang berukuran 8 baris dan 8 kolom. Setiap pemain memiliki bidak berbeda warna yaitu hitam dan putih. Penerapan kecerdasan buatan menggunakan algoritma DFS (Depth First Search) dengan algoritma Negamax yang dioptimasi dengan Alpha Beta Pruning ini dapat mengurangi ruang pencarian sehingga proses penelusuran dan evaluasi dapat dilakukan lebih cepat. Aplikasi ini dikembangkan dengan menggunakan bahasa pemrograman Java berbasis Eclipse IDE. Hasil yang diperoleh adalah sebuah aplikasi permainan Othello yang dapat diterapkan pada mobile phone berbasis Android.

Copyrights © 2012