Jurnal Pendidikan Jasmani
Vol 4, No 1 (2016): Volume 4 Nomor 1 Tahun 2016

PERBANDINGAN MOTIVASI SISWA DALAM MENGIKUTI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI, OLAHRAGA DAN KESEHATAN PADA SISWA KELAS 3 DAN KELAS 5 DI SDN JATILANGKUNG MOJOKERTO

MUNANDAR, ARIS (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Oct 2016

Abstract

Abstrak Secara umum, fungsi dari pendidikan nasional adalah mengembangkan potensi peserta didik untuk mencapai masyarakat yang sejahtera. Di dalam sebuah aktivitas belajar mengajar PJOK diperlukan adanya interaksi sehingga tercipta pembelajaran yang aktif. Hal ini tidak terlepas dengan adanya faktor-faktor yang mempengaruhi, apakah itu faktor dari luar ataupun dari dalam. Salah satunya adalah motivasi siswa untuk mengikuti pembelajaran yang diberikan di lapangan oleh guru. Dalam kegiatan belajar, motivasi dapat dikatakan sebagai keseluruhan daya penggerak di dalam diri siswa yang menimbulkan kegiatan belajar. Motivasi belajar adalah dorongan internal dan eksternal pada siswa-siswi yang sedang belajar untuk mengadakan perubahan tingkah laku, pada umumnya dengan beberapa indikator atau unsur yang mendukung. Salah satu unsur yang mendukung motivasi belajar adalah lingkungan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian non-eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Data dikumpulkan dengan menggunakan angket motivasi siswa. Angket motivasi siswa digunakan untuk memperoleh data kuantitatif tentang motivasi siswa dalam mengikuti pembelajaran PJOK. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperoleh deskripsi tentang (1) Perbedaan motivasi siswa dalam mengikuti pembelajaran PJOK pada siswa kelas 3dan kelas 5 di SDN Jatilangkung Mojokerto dan (2) mana yang lebih antara siswa kelas 3 dan kelas 5 di SDN Jatilangkung Mojokerto. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat suatu perbedaan motivasi siswa dalam pembelajaran pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan pada siswa kelas 3 dan kelas 5 yang dibuktikan dari hasil uji t-hitung < t-tabel (1,495 < 2,021) dengan taraf signifikan 0,05. Kata Kunci: Siswa kelas 3 dan kelas 5, Motivasi, PJOK Abstract In general, the function of national education is to develop the potential of learners to achieve a prosperous society. In teaching-learning process, interaction is needed in order to create an active learning atmosphere. This cannot be separated with other factors, be it from the inside or the outside. One of the inside factor is the student’s motivation to participate in the learning process. In the process of learning, motivation is defined as the driving force from within the students that fuels learning process. Learning process can be both internal or external force for the students involved in learning process that makes it possible for a change of attitude that a number of indicators or supporting factors. One of the factor that plays a role in learning process is the environment. This research is using the kind of research non-experiment with quantity approach. The results of this research are collected by question of motivation. Questions of motivation are used to get quantity result about the comparison of the motivation in learning physical education, sport and health. The purpose of this research is to describe (1) the motivation students in learning physical education, sport and health students in 3rd graders and 5th graders of SDN Jatilangkung Mojokerto and (2) the value of comparison motivation students in learning physical education, sport and health students in 3rd graders and 5th graders of SDN Jatilangkung Mojokerto. From this research, it can be concluded there are no difference in the motivation in physical education, sport and health students in 3rd graders and 5th graders proofed by the result of the test t-count < t-table (1,495 < 2,021) with 0,05 significance margin. Keywords: 3rd graders and 5th graders, Motivation in Learning Physical Education, Sport and Health

Copyrights © 2016