Di era informasi global perkembangan peran usaha mikro dan makro (UMKM) yang pesat ditunjukkan oleh jumlah unit usaha dan pengusahanya, serta kontribusinya terhadap pendapatan daerah dalam penyediaan lapangan kerja. Paper ini bertujuan untuk mengetahui masalah-masalah yang dihadapi terkait dalam kualitas produk yang dihasilkan untuk mengidentifikasi faktor mana yang paling dominan pengaruhnya terhadap kualitas usaha dagang hasil laut di Sikakap Kabupaten Kepulauan Mentawai dan merumuskan pemecahan yang paling tepat untuk diterapkan dalam peningkatan kualitas produk dan pemasaran usaha dagang di Sikakap Kabupaten Kepulauan Mentawai. Dengan metode Fishbone Analysis yang digunakan untuk mementukan permasalahan yang dihadapi, untuk mengidentifikasi faktor apa yang paling dominan pengaruhnya terhadap kualitas produk dan pemasaran di usaha dagang hasil laut Sikakap Kabupaten Kepulauan Mentawai serta untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi kualitas produk dan pemasaran. Kemudian dibuat sistem aplikasi E-Commerce dalam bentuk website yang ter-integrated hal ini diharapkan mampu meningkatkan pemasaran produk secara global karena dengan sistem ini pembeli dimudahkan dalam melakukan pencarian dan transaksi pembelian produk dengan hanya membuka situs aplikasi E-Commerce sehingga pembeli/buyer dapat dengan mudah mencari produk-produk usaha dagang hasil laut di Sikakap Kabupaten Kepulauan Mentawai. Kata kunci : UMKM, Fishbone Analysis, E-Commerce, Website.
Copyrights © 0000