JURNAL TEKNIK SIPIL ITP ISSN 2354-8452
Vol 7, No 1 (2020): JURNAL TEKNIK SIPIL (JTS) ITP

Studi Komparasi Model Kerner Konhauser Terhadap Model Regresi Linear Pada Variabel Kecepatan Kendaraan dan Kepadatan Arus Lalu Lintas

Yessy Yusnita (Institut Teknologi padang)



Article Info

Publish Date
13 Feb 2020

Abstract

Kondisi macet yang terjadi pada lalu lintas di jalan raya disebabkan oleh kecepatan kendaraan, kepadatan arus lalu lintas dan arus lalu lintas. Penyebab kemacetan lalu lintas juga dapat dipengaruhi oleh posisi kendaraan dan waktu tempuh kendaraan. Simulasi arus lalu lintas dengan menggunakan kecepatan Model Kerner Konhauser telah dilakukan pada penelitian sebelumnya. Dari simulasi pertama dan kedua Model Kerner Konhauser diperoleh kecepatan kendaraan berjumlah 33 data dan kepadatan arus lalu lintas berjumlah 21 data. Pada penelitian ini, kecepatan kendaraan mewakili variabel V dan kepadatan arus lalu lintas mewakili variabel D. Penelitian ini bertujuan: 1). Menilai tingkat korelasi antara variabel kecepatan kendaraan (V) terhadap variabel kepadatan arus lalu lintas (D); 2). Menganalisis komparasi Model Kerner Konhauser terhadap model regresi linear pada variabel kecepatan kendaraan (V) dan kepadatan arus lalu lintas (D) menggunakan teknik regresi non linier dibantu dengan tools SPSS. Hasil analisis regresi non linear menunjukkan adanya korelasi yang kuat pada data simulasi pertama antara variabel V dengan variabel D(r = 0,793) dan korelasi yang sedang pada data simulasi kedua (r = 0,520). Model analisis non linear terbaik yang dihasilkan adalah V = 125,336e-0,013D, dengan nilai R2 = 0,628. Hal ini menunjukkan bahwa jika kepadatan arus lalu lintas menurun maka kecepatan kendaraan akan meningkat, begitu juga sebaliknya jika kepadatan arus lalu lintas meningkat maka kecepatan kendaraan akan menurun di jalan raya.Kata kunci: kecepatan kendaraan, kepadatan arus lalu lintas, model kerner konhauser, analisis regresi

Copyrights © 2020