Jurnal Komunikasi
Vol 10, No 1 (2016): Maret

Pola Pembelajaran dan Pengasuhan Pendidikan Anak Usia Dini di PAUD Madura

Netty Dyah Kurniasari (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Mar 2016

Abstract

AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan pola (metode)pembelajaran pengasuhan, sarana dan prasarana yang diterapkan di sekolahPAUD di Madura.Selain itu juga untuk mengetahui latar belakang sosial,budaya , pendidikan dan ekonomi orang tua peserta didik. Metode penelitianyang digunakan adalah observasi dan wawancara. Subyek penelitian adalahpos PAUD di Kabupaten Bangkalan. Teknik pemilihan subyek berdasarkanpurposive sampling. Teknik keabsahan data adalah triangulasi sumber. Hasilpenelitian menunjukkan beberaha hal. Pertama, latar belakang ekonomiberpengaruh thd jenis sekolah yang dipilih orang tua siswa. Kedua, saranadan prasarana yang dimiliki POS PAUD masih minim.Ketiga,pola pengasuhanyang diterapkan bervariasi , mulai dari tipe otoriter, demokrasi dan permisif.Kata kunci : Pola pengajaran, pola asuh, anak usia dini

Copyrights © 2016