Jurnal Komunikasi
Vol 11, No 2 (2017): September

MOTIF , PERSEPSI, DAN PENGALAMAN TENAGA KERJA MADURA

Wispandono Wispandono (Dosen Universitas Trunojoyo Madura)
Netty Dyah Kurniasari (Dosen Universitas Trunojoyo Madura)
Eni Sri Rahayu (Dosen Universitas Trunojoyo Madura)
Deni Setya Yuherawan (Dosen Universitas Trunojoyo Madura)



Article Info

Publish Date
09 Sep 2017

Abstract

ABSTRAKTujuan penelitian ini adalah untuk menggali persepsi, motif dan pengalaman masyarakat Madura menjadi TKI. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara mendalam. Subyekpenelitian yaitu masyarakat yang berminat menjadi TKI, dan yang sudah menjadi TKI di KecamatanSepulu Bangkalan Madura. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi dan persepsi informanmenjadi TKI mencari nafkah dan pengalaman. Orang yang mendorong untuk menjadi TKI adalah orangtua. Jenis pekerjaan yang diminati yaitu tukang bangunan dan pembantu rumah tangga. Mayoritasinforman tidak memiliki ketrampilan yang diperlukan untuk bekal menjadi TKI.Kata kunci : motif, persepsi, pengalaman TKI

Copyrights © 2017