JPM17: Jurnal Pengabdian Masyarakat
Vol 5 No 01 (2020)

PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT (PKM) PENGEMBANGAN MARKETING WEBSITE DAN DESAIN KEMASAN PADA UKM BUMI CIPTA SEJAHTERA SURABAYA

Ardian Jaya Prasetya (Unknown)
Yunanto Tri Laksono (Unknown)
Wahyu Hidayat (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Jan 2020

Abstract

Pengembangan desain kemasan sangat diperlukan guna menghasilkan hasil dan kualitas dari kemasan yang lebih variatif. Kaitannya dengan perkembangan era 4.0  adalah kualitas dari produk yang akan dipasarkan juga terpengaruh dari label pada kemasan. Guna mencitrakan sebuah produk yang lebih unggul selain dari hasil kualitas pada produksinya. Dengan adanya kualitas produk dan kemasan yang menarik menjadikan produk yang dipasarkan kepada masyarakat bisa bersaing dengan baik dengan kualifikasi produk unggulan. Munculnya produk-produk unggulan lain yang memiliki kualifikasi yang baik juga menjadikan daya saing pada produk semakin beragam, entitas pada nilai produk tidak hanya dinilai dari segi kualitas produksi, higienitas, kemasan yang dipakai, namun juga dari kualifikasi branding pada kemasan. Tujuan yang didapatkan pada penyelenggaraan program ini yaitu pengembangan desain kemasan melalui teknologi dalam bentuk analog, digital (software), dan juga website, guna menunjang dan mengankat potensi masyarakat dalam memperluas kemampuan dan keunggulan produknya, sehingga pada proses pemasaran produk yang dihasilkan dapat lebih disebarluaskan tidak hanya pada wilayah lokal saja namun juga dapat disebarluaskan pada cakupan yang lebih luas yaitu nasional dan juga internasional. Pada kegiatan program yang dilakukan ini metode yang digunakan adalah pendampingan tentang bagaimana pelaku UKM dan UMKM dapat mengembangkan dasar dan pola pada produknya melalui desain kemasan dengan bentuk penggambaran desain menggunakan sketsa dasar gambar desain kemasan (analog), dan juga menggunakan desain dengan bentuk digital software. Proses pendampingan dilakukan secara langsung dimana pelaku UKM dan UMKM diberikan pembelajaran secara dasar sehingga diharapkan mampu mengembangkan inovasi dalam bentuk desain kemasarn yang lebih kreatif dan inovatif. Hasil akhir yang diberikan adalah berupa X-banner, dan juga peralatan dasar dalam membuat desain kemasan dasar. Dari bentuk hasil pada penelitian ini adalah pemberian label pada kemasan produk dalam bentuk botol dengan label dan kemasan yang terbaru. Diharapkan dengan hasil ini dapat menunjang potensi dalam pengembangan pemasaran. Kata Kunci: Desain Kemasan, Website, UKM Bumi Cipta Sejahtera Guna Surabaya.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jpm17

Publisher

Subject

Arts Humanities Social Sciences

Description

JPM17 : Jurnal Pengabdian Masyarakat is a peer-reviewed and open acess journal accomodating researchers, academicians, scholars and students around the world to share theoretical, empirical knowledgeand innovative concepts adopted from high quality direct implementation projects in wide area of ...