Jurnal Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer
Vol 7 No 1: Februari 2020

Pengukuran Performa Algoritma Culling untuk Optimasi Grafis pada Game Tiga Dimensi

Kholid Fathoni (Politeknik Elektronika Negeri Surabaya)
Nur Shabrina Shaliha (Politeknik Elektronika Negeri Surabaya)
Halimatus Sa'dyah (Politeknik Elektronika Negeri Surabaya)
Dwi Kurnia Basuki (Politeknik Elektronika Negeri Surabaya)
Arif Basofi (Politeknik Elektronika Negeri Surabaya)



Article Info

Publish Date
04 Feb 2020

Abstract

Saat ini, teknologi game berkembang pesat. Terdapat banyak pengembang game yang mengembangkan game menggunakan grafis 3D. Meskipun teknologi GPU berkembang dengan pesat, optimasi tetap dibutuhkan seiring dengan perkembangan teknologi visualisasi. Penelitian ini mengulas performa algoritma Occlusion Culling berbasis GPU serta algoritma Occlusion Culling klasik dalam melakukan rendering pada game tiga dimensi. Berdasarkan penelitian ini, kami ingin mengetahui apakah Occlusion Culling berbasis GPU relevan untuk digunakan pada proses rendering game tiga dimensi. AbstractGame technology is getting bigger. There are many games developed using 3D graphics. Although GPU technology is growing rapidly, we still need optimization technique because the complexity of visualization always increases day by day. In this paper, we want to investigate the performance of GPU driven occlusion culling algorithm and classic occlusion culling in 3D Game Rendering. According to this research, we want to find whether GPU driven occlusion culling relevant for 3D Game or not.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

JTIIK

Publisher

Subject

Computer Science & IT Engineering

Description

Jurnal Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer (JTIIK) merupakan jurnal nasional yang diterbitkan oleh Fakultas Ilmu Komputer (FILKOM), Universitas Brawijaya (UB), Malang sejak tahun 2014. JTIIK memuat artikel hasil-hasil penelitian di bidang Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer. JTIIK berkomitmen ...