Jurnal Ilmiah Rekayasa dan Manajemen Sistem Informasi
Vol 6, No 1 (2020): Februari

KLASTERISASI CUSTOMER LIFETIME VALUE DENGAN MODEL LRFM MENGGUNAKAN ALGORITMA Fuzzy C-Means

fhadilatul juniati (Unknown)
Siti Monalisa (Unknown)
Revilia Zafa (Unknown)
muslim muslim (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 Feb 2020

Abstract

PT Pan Baruna Cabang Pekanbaru merupakan suatu perusahaan bergerak dibidang distributor produk makanan dan sembako, pencacatan transaksi yang di lakukan pada PT Pan Baruna masih bersifat manual yaitu di catat dengan menggunakan excel. Data transaksi yang terjadi setiap pada PT Pan Baruna cukup banyak hal ini yang meyebabkan tumpukan yang seharusnya dapat di olah lebih lanjut agar menghasilkan informasi yang bermanfaat. Algoritma Fuzzy CMeans merupakan salah satu algoritma yang dapat digunakan untuk pengolahan data, kluster yang di hasilkan pada penelitian ini berjumlah 3 kluster untuk mendapat nilai CLV yaitu dengan mengalikan nilai normalisasi LRFM dengan nilai bobot LRFM dan selanjutnya di jumlahkan. Perjumlahan nilai CLV terssebut dilakukan pada masing-masing kluster yang telah terbentuk. Berdasarkan penjumlahan tersebut maka dicari rangking CLV. Rangking CLV tertinggi dihasilkan dari nilai CLV yang terbesar di antara 3 kluster tersebut. Rangking tertinggi pada penelitian ini adalah kluster ke 1 yaitu 0,433 dengan bahwa kluster ini memiliki segmen pelanggan nilai loyalitas yang tinggi. Rangking ke-2 adalah kluster 2 dengan nilai CLV 0,268 dan selanjutnya kluster 3 dengan nilai CLV 0,178.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

RMSI

Publisher

Subject

Computer Science & IT Engineering Other

Description

Jurnal Ilmiah Rekayasa dan Manajemen Sistem Informasi (print ISSN: 2460-8181, online ISSN: 2502-8995) is a peer-reviewed, scientific journal published by Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim (UIN SUSKA) Riau. The aim of this journal is to publish high-quality articles dedicated to all ...