Sinergitas Multidisiplin Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (SMIPT)
Vol 2 (2019): Prosiding Seminar Nasional Kedua Sinergitas Multidisiplin Ilmu Pengetahuan dan Teknolo

PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN KONSEP DASAR IPA BERBASIS POE (PREDICT-OBSERVE-EXPLAIN) UNTUK MEREMEDIASI MISKONSEPSI SISWA SEKOLAH DASAR DI KABUPATEN TANA TORAJA

Susanna Vonny N. Rante (Universitas Kristen Indonesia Paulus Makassar)
Perdy Karuru (Universitas Kristen Indonesia Paulus Makassar)
Zatman Payung (Universitas Kristen Indonesia Paulus Makassar)
Harmelia Tulak (Universitas Kristen Indonesia Paulus Makassar)



Article Info

Publish Date
06 Dec 2019

Abstract

Miskonsepsi merupakan suatu gagasan atau ide yang salah dan tidak sesuai dengan suatu pengertian yang diterima atau yang diakui kebenarannya.Pembentukan konsep awal diperoleh dari lingkungan sekitar dan prakonsepsi siswa. Pembelajaran IPA akan dipengaruhi oleh guru, buku teks, metode, konteks, dan siswa. Sumber miskonsepsi dapat berawal dari penafsiran yang salah pada siswa ataupun penyampaian materi pada guru.Faktor miskonsepsi dapat juga berawal dari siswa yang sudah memiliki konsep sendiri sebelum mengetahui konsep sebenarnya.Konsep siswa yang sudah di tanamkan pada diri siswa biasanya berawal dari sebuah perkataan opini yang faktanya belum di buktikan dengan landasan teori yang benar.kesalahan konsep jika dilakukan oleh guru berarti karena guru yang kurang memahami konsep yang sebenarnya. Tetapi jika kesalahan konsep IPA terjadi dari bahasa buku yang susah dimerngerti, maka guru harus lebih mempelajari konsep IPA tersebut dengan menggunakan sumber-sumber lain yang terkait dari berbagai buku IPA. Untuk memperbaiki terjadinya miskonsepsi pada siswa, guru harus memiliki jiwa profesional dan memahami konsep IPA dengan benar, dan guru harus menyampaikan konsep IPA dengan bahasa yang mudah dimengerti dan dipahami oleh siswa agar tidak terjadi miskonsepsi pada materi IPA. Metode mengajar guru IPA juga harus diperhatikan dan penting dalam berlangsungnya proses belajar mengajar agar siswa mengerti dengan metode yang di ajarkan oleh guru dalam menggunakan konsep IPA yang di sampaikan oleh guru dimengerti oleh siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran IPA yang nantinya digunakan pada guru sekolah dasar.Penelitian ini dirancang dengan menggunakan model pengembangan Dick, Carey, dan Carey. Model ini disebut juga dengan model ADDIE yang merupakan kepanjangan dari Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation yang akan digunakan sebagai perangkat pembelajaran Konsep Dasar IPA di Sekolah Dasar untuk mengurangi miskonsepsi terhadap konsep-konsep IPA yang selama ini keliru diajarkan guru. Target selanjutnya penerbitan jurnal bereputasi nasional dan internasional.

Copyrights © 2019