Edu Sains: Jurnal Pendidikan Sains dan Matematika
Vol 7, No 2 (2019): VOLUME 7 NOMOR 2 DESEMBER 2019

PEMANFAATAN LINGKUNGAN LAHAN BASAH PADA PEMBELAJARAN ASAM BASA MENGGUNAKAN PENDEKATAN CTL TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS

Amalia Yunita (Universitas Lambung Mangkurat)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2019

Abstract

Ketersediaan lingkungan lahan basah dalam pembelajaran larutan asam basa dapat digunakan sebagai sumber belajar yang dapat digunakan siswa sebaik mungkin untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan efektivitas pendekatan CTL yang memanfaatkan lingkungan lahan basah sebagai sumber belajar untuk keterampilan berpikir kritis bagi siswa di sekolah menengah atas pada bab larutan asam-basa. Penelitian ini menggunakan eksperimen semu dengan 2 kelas yaitu kelas kontrol dan kelas eksperimen di SMA Negeri 7 Banjarmasin. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah cluster random sampling. Variabel bebas adalah pendekatan pembelajaran, sedangkan variabel terikat adalah keterampilan berpikir kritis. Analisis teknik data menggunakan statistik deskriptif dan inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan keterampilan berpikir kritis pada kelas eksperimen dan kontrol dengan harga thitung> ttabel yaitu 2,716> 1,996. Perbedaan ini disebabkan oleh kontribusi dari pendekatan CTL seperti konstruktivisme, penyelidikan, pertanyaan, pemodelan, komunitas pembelajaran, dan refleksi yang didukung oleh penggunaan sumber belajar dari lingkungan lahan basah selama proses pembelajaran.Keywords:  larutan asam basa, keterampilan berpikir kritis, Pengajaran dan Pembelajaran Kontekstual (CTL), lingkungan lahan basah 

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

edusains

Publisher

Subject

Education

Description

Edu Sains: Jurnal Pendidikan Sains & Matematika (p-ISSN 2238-4387; e-ISSN 2580-3247) is peer-reviewed journal published biannually in June and December. The Journal is published by Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palangka Raya ...