Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mendeskripsikan danmengetahui hubungan kemampuan argumentasi ilmiah dan hasil belajar siswa kelas XI pada materi jaringan tumbuhan melalui penerapan model Problem Based Learning (PBL). Penelitian dilakukan di SMA Laboratorium Satya Wacana Salatiga dengan subyek penelitian siswa kelas XI MIPA 3 sebanyak 20 orang. Data yang diperoleh dianalisis melalui uji korelasi Spearman rho dengan bantuan program SPSS. Hasil penelitian menunjukkan kemampuan argumentasi ilmiah siswa kelas XI termasuk dalam kategori sangat baik (24%), baik (19%), cukup (48%) dan kurang (10%) dengan pencapaian nilai masing-masing indikator secara berurutan dari tinggi ke rendah adalah rebuttal, claim, data dan warrant. Sedangkan rata-rata pencapaian hasil belajar kognitif siswa pada masing-masing indikator adalah: 1) mengingat (C1) sebesar 90,48; memahami (C2) sebesar 98,41; mengaplikasikan (C3) sebesar 88,10; menganalisis (C4) sebesar 94,05; mengevaluasi (C5) 71,43; dan mencipta(C6) sebesar 60,32 dengan nilai rata-rata keseluruhan sebesar 84,91. Lalu terdapat hubungan yang signifikan antara kemampuan argumentasi ilmiah dan hasil belajar kognitif (nilai signifikansi 0,00<0,05) dengan koofisien korelasi (r) sebesar 0, 786 menunjukkan adanya arah hubungan yang positif dan kuat.
Copyrights © 2019