Jurnal Tadris Kimiya
Vol 4, No 2 (2019)

PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN ASAM BASA BERBASIS ANDROID TERHADAP EFIKASI DIRI PESERTA DIDIK

Tika Rahmawati (Unknown)
Crys Fajar Partana (Program Studi Pendidikan Kimia, Program Pascasarjana, Universitas Negeri Yogyakarta, Jalan Colombo No. 1, Karangmalang, Yogyakarta 55281)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2019

Abstract

Penelitian mengenai penerapan media pembelajaran android ini bertujuan untuk mengetahui dampak media pembelajaran android terhadap efikasi diri peserta didik pada materi asam dan basa. Jenis penelitian ini merupakan penelitian quasi-eksperimen dengan desain post-test only. Populasi penelitian terdiri dari peserta didik SMAN 5 Yogyakarta kelas XI. Teknik pengambilan sampel adalah random sampling. Sampel terdiri dari dua kelompok yaitu kelas eksperimen dan kontrol. Peserta didik pada kelas eksperimen mengikuti proses pembelajaran menggunakan media pembelajaran berbasis android sedangkan peserta didik pada kelas kontrol melakukan pembelajaran konvensional. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini adalah angket efikasi diri yang terdiri dari 28 butir pernyataan. Data skor efikasi diri peserta didik dianalisis menggunakan ANOVA dengan SPSS versi 24.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa efikasi diri peserta didik yang mengikuti proses pembelajaran menggunakan media pembelajaran berbasis android lebih baik daripada peserta didik yang melakukan pembelajaran konvensional. Penerapan media pembelajaran android dapat meningkatkan efikasi diri peserta didik pada materi asam dan basa.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

tadris-kimiya

Publisher

Subject

Chemistry Education

Description

Tadris Kimiya Journal is a Journal published by Department Chemical Education, Tarbiyah & Keguruan Faculty UIN SGD Bandung, has a scope of discussion on education and chemistry ...