Pendidikan Luar Biasa
Vol 9, No 1 (2013): Volume 9 No 1, April 2013

PENDEKATAN BERMAIN PERAN UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KOSAKATA PADA ANAK TUNAGRAHITA

MAHMUDAH, SITI (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Mar 2014

Abstract

Abstract; This research was an attempt  to find out an alternative to improve student competency and to solve the learning problem in the class, because the researcher use PTK ( Classroom Action Research ). It held by two Cyclus. And the cylus consist of three meeting and act in the class. So the cyclus have three test. Data collecting obtain sheet observation method and test.  Data was analyzed by quantitative and qualitative’s descriptive. Based on result of data analyze, it can be conclude as follow student comprehension of vocabulary. The subject of matter was Bahasa Indonesia, through the method applying role play to upgrade verbal and vocabulary for mental retardation grade IX SMPLB-C Alpa Kumara Wardhana II Surabaya. The increase of comprehension Mastery learning 80 % on 2nd meeting 3th.  The result revealed that through apply Role Play could be reach and  upgrade Verbal And Vocabulary also minimize false of the student to learn vocabulary’s symbol for Mental Retardation Grade IX SMPLB-C Alpa Kumara Wardhana II  Surabaya.   Abstrak; Penelitian ini merupakan upaya pemecahan masalah belajar siswa di kelas, sehingga peneliti menggunakan penelitian tindakan  kelas.Pelaksanaannya terdiri dari dua siklus, tiap siklus terdiri dari tiga kali pertemuan ( tindakan ), sehingga tiap siklus diadakan tiga kali tes .Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan metode observasi , dan tes. Untuk menganalisis data digunakan analisis secara kuantitatif dan analisis secara kualitatif. Dari analisis data didapatkan hasil bahwa, terdapat peningkatan pemahaman kosakata dalam pelajaran bhasa indonesia melalui penerapan metode bermain peran pada siswa kelas IX SMPLB C Alpa Kumara Wardhan II Surabaya. Peningkatan pemahaman itu dibuktikan dengan pencapaian target belajar tuntas sebesar 80 % pada siklus 2  pertemuan 3. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa meningkatkan pemahaman melalui penelitian  tindakan kelas dengan menerapkan pendekatan bermain peran dapat membantu meningkatkan pemahaman kosakata pada siswa Tuna Grahita Kelas IX SMPLB C Alpa Kumara Wardhana II Surabaya. Dengan Menerapkan pendekatan bermain peran dapat meminimalkan kesalahan siswa Tunagrahita kelas IX dalam menyatakan lambang kosakata.   Kata kunci: Bermain peran, kosakata, anak tunagrahita

Copyrights © 2013