Unit usaha merupakan salah satu sumber pendapatan bagi pondok modern Gontor Putri Kampus 2, dimana modal utama didapatkan dari pondok dan kembali untuk kesejahteraan masyarakat pondok. Sehingga dibutuhkan pengembangan terhadap unit usaha agar lebih maju dari sebelumnya, serta strategi dalam melakukan pemasaran yang dapat meningkatkan daya tarik santriwati Gontor Putri Kampus 2 terhadap unit-unit usaha di Gontor Putri Kampus 2. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peluang, ancaman, kekuatan, dan kelemahan dalam menjalankan unit usaha di Gontor Putri Kampus 2. Mengetahui perkembangan usaha yang dijalankan unit usaha tersebut, dan membantu menganalisis strategi yang tepat untuk meningkatkan volume penjualan. Atas permasalahan diatas, penelitian dalam pendekatan Participatory Action Research dilakukan dengan berbagai pendekatan. Maka, beberapa tindakan partisipatif dilakukan mencakup meningkatkan kesadaran atas pentingnya produk, memfasilitasi variabel perkembangan usaha, dan mengadakan Focus Group Discussion dalam mencari masalah dan solusi bersama dengan pelaku unit usaha di Gontor Putri Kampus 2.
Copyrights © 2019