Terampil : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar
Vol 6, No 2 (2019): TERAMPIL

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS

Afri Mardicko (Unknown)
Hidayatullah Hidayatullah (Universitas Muhammadiyah Pringsewu)
Taqiyuddin Alkah (Universitas Muhammadiyah Pringsewu)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2019

Abstract

Model pembelajaran tipe TPS merupakan model belajar yang berperan sebagai pembantu pelaksanaan pembelajaran sehingga siswa bisa diberi kesempatan berpikir dan bekerja bersama-sama. Model kooperatif ini bertujuan untuk mencapai tujuan dan keterampilan mengajar siswa bagaimana menyelesaikan masalah matematis dan menumbuhkan sikap menyukai matematika. Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran tipe TPS pada kemampuan pemecahan masalah siswa. Penelitian ini menggunakan penelitian eksperimen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil analisis probabilitas (sig) = 0,569    α (0,05),   maka H0  diterima dan H1 ditolak. Kesimpulannya tidak terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis antara kelas eksperiment dengan kelas control yang berarti bahwa model pembelajaran tipe TPS ini tidak memiliki pengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

TERAMPIL

Publisher

Subject

Education

Description

TERAMPIL is a journal of basic education and learning p-ISSN 2355-1925 e-ISSN 2580-8915 which is managed by Prodi PGMI Faculty of Tarbiyah and Teacher Training of Raden Intan State Islamic University of Lampung. This journal is published twice a year and serves as a tool for researchers, academics ...