Terampil : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar
Vol 6, No 2 (2019): TERAMPIL

PENGEMBANGAN SOFTSKILL TEKNOLOGI PEMBELAJARAN MELALUI PEMBUATAN E-MODUL BAGI GURU SEKOLAH DASAR

Kuncahyono Kuncahyono (Universitas Muhammadiyah Malang)
Maharani Putri Kumalasani (Universitas Muhammadiyah Malang)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2019

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk membantu mitra dalam meningkatkan kompetensi dan digital skill guru sekolah dasar Muhammadiyah 5 Malang sebagai upaya penerapan digitalisasi pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan menggunakan pendekatan participatory action  research (PAR). Metode kegiatan ini dilakukan berbasis riset dengan cara 1) melakukan sosialisasi dan workshop digitalisasi pembelajaran, 2) penyusunan aplikasi e-modul berbasis komputer, 3) implementasi produk e-modul dalam pembelajaran. Hasil kegiatan berbasis riset yaitu 1) menghasilkan produk aplikasi e-modul yang mampu meminimalisir penggunaan kertas (paperless) baik untuk mengemas materi pembelajaran, maupun dalam penggunaan kertas soal-soal ujian, 2) peningkatan hasil pretest dan posttest dalam pengetahuan dan keterampilan guru dalam pembuatan e-modul. Hasil akhir menunjukkan sebagai produk akhir dari pembuatan media e-modul  yaitu produk media e-modul  dan Implementasi media e-modul  (modul digital) pada pembelajaran. Guru-guru dapat mengimplementasikan produk e-modul (modul digital) yang telah dibuat pada tahap sebelumnya dan direalisasikan dalam kegiatan pembelajaran.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

TERAMPIL

Publisher

Subject

Education

Description

TERAMPIL is a journal of basic education and learning p-ISSN 2355-1925 e-ISSN 2580-8915 which is managed by Prodi PGMI Faculty of Tarbiyah and Teacher Training of Raden Intan State Islamic University of Lampung. This journal is published twice a year and serves as a tool for researchers, academics ...