Vidya Karya
Vol 34, No 2 (2019): Oktober 2019

IMPLEMENTASI DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN KIT FISIKA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA

Wa Ode Nur Auliya (SMA Negeri 4 Makassar)
Nurlina Nurlina (Program Studi Pendidikan Fisika FKIP Universitas Muhammadiyah Makassar)
Khaeruddin Khaeruddin (Program Studi Pendidikan Fisika FMIPA Universitas Negeri Makassar)



Article Info

Publish Date
02 Jan 2020

Abstract

Abstract. This study aims to analyze the improvement in student learning outcomes through discovery learning. This research is a pre-experimental research using One-Group-Pretest-Posttest Design. The population in this study were all students of class X IPA of SMA Negeri 4 Makassar, which consisted of six classes. The research instrument used was a student achievement test in the form of multiple choice. The results showed an increase in learning outcomes with N-Gain of 0.42 in the moderate category. Key words: discovery learning,  learning outcomes. Abstrak. Penelitian ini bertujuan  untuk menganalisis peningkatan hasil belajar peserta didik melalui discovery learning. Penelitian ini merupakan penelitian pra-eksperimen dengan menggunakan One-Group-Pretest-Posttest Design. Populasi  dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X IPA SMA Negeri 4 Makassar yang terdiri dari enam kelas.. Instrumen  penelitian  yang  digunakan adalah tes hasil belajar peserta didik yang  berbentuk pilihan ganda. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan hasil belajar dengan  N-Gain sebesar 0,42 berada pada kategori sedang. Kata kunci: discovery learning, hasil belajar.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

JVK

Publisher

Subject

Education

Description

Vidya Karya terbit dua kali setahun pada bulan April dan Oktober, berisi artikel hasil penelitian dan kajian analitis krtitis setara dengan hasil penelitian di bidang teori dan atau praktik ...