Edu Komputika Journal
Vol 6 No 2 (2019): Edu Komputika Journal

PENGUATAN KONSEP PEMROGRAMAN BERORIENTASI OBJEK SISWA KELAS XI RPL SMKN 2 SEMARANG

Ningrum, Seffy Kusuma (Unknown)
Djuniadi, Djuniadi (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 Jan 2020

Abstract

Tujuan dari studi ini adalah untuk meningkatkan keterampilan pemrograman berorientasi objek siswa kelas XI RPL SMKN 2 Semarang. Metode yang digunakan adalah studi perbandingan dengan one sample t test. Penelitian ini mempunyai lima tahapan. Tahap pertama melakukan penilaian awal. Tahap kedua melakukan pembelajaran dengan belajar kelompok dan presentasi. Tahap ketiga memberi penugasan. Tahap keempat memberi penguatan konsep alur dan logika pemrograman. Tahap kelima, menyelesaikan kasus pemrograman berorientasi objek. Hasil analisis sebelum perlakuan didapatkan rata-rata nilai 70,74 dengan thitung = 0,340 serta nilai sig = 0,736 ? 0,05 sehingga dapat dikatakan bahwa rata?rata nilai siswa = 70. Kalau dilihat dari proporsinya, sampel dengan nilai <= 70 sebanyak 10 siswa dan sampel dengan nilai > 70 sebanyak 24 siswa. Hasil analisis setelah perlakuan diskusi kelompok dan presentasi didapatkan rata-rata nilai 84,56 dengan thitung = 17,047 serta nilai sig = 0,00 sehingga dapat dikatakan bahwa rata?rata nilai siswa >70. Sedangkan proporsinya, sampel dengan nilai >70  adalah seluruh siswa. Hasil analisis setelah perlakukan penguatan konsep pemrograman didapatkan rata-rata nilai 88,18 dengan thitung = 21,424 serta nilai sig = 0,00 sehingga dapat dikatakan bahwa rata?rata nilai siswa >70. Kalau dilihat dari proporsinya sampel dengan nilai >70 adalah seluruh siswa.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

edukom

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education Engineering

Description

Edu Komputika Journal menerbitkan artikel-artikel hasil penelitian dan kajian konseptual di bidang pendidikan TIK, komputer, teknologi informasi, multimedia, rekayasa software dan aplikasinya dalam bidang ...