MALIH PEDDAS
Vol 9, No 2 (2019): Malih Peddas, Volume 9, Nomor 2

ANALISIS IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN NILAI-NILAI ISLAM MAHASISWA PADA PERKULIAHAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DI PRODI PGSD UNIVERSITAS PGRI SEMARANG

Sunan Baedowi (Universitas PGRI Semarang)



Article Info

Publish Date
28 Jan 2020

Abstract

Tujuan yang ingin dicapai melalui penerapan pembelajaran berbasis proyek (project base learning) pada perkuliahan Pendidikan Agama Islam (PAI) di Prodi PGSD Universitas PGRI Semarang adalah (1) Mengetahui peningkatan pemahaman nilai-nilai Islam mahasiswa dengan penggunaan project base learning pada perkuliahan Pendidikan Agama Islam di Prodi PGSD Universitas PGRI Semarang. (2) Mengetahui peningkatan aktifitas mahasiswa dengan penggunaan project base learning pada perkuliahan Pendidikan Agama Islam di Prodi PGSD Universitas PGRI Semarang. (3) Mengetahui pengelolaan proyek melalui project base learning pada perkuliahan Pendidikan Agama Islam di Prodi PGSD Universitas PGRI Semarang.Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian Mix Methode. Penelitian ini menggunakan embedded design yang melibatkan kegiatan ujicoba (cresswell, 2008). Hasil penelitian ini antara lain (1) Implementasi pembelajaran berbasis proyek (project base learning) dapat meningkatkan pemahaman nilai-nilai Islam mahasiswa pada perkuliahan Pendidikan Agama Islam (PAI) di Prodi PGSD Universitas PGRI Semarang. (2) Implementasi pembelajaran berbasis proyek (project base learning) dapat meningkatkan aktifitas mahasiswa pada perkuliahan Pendidikan Agama Islam (PAI) di Prodi PGSD Universitas PGRI Semarang. (3) Pengelolaan proyek dalam mata kuliah Pendidikan Agama Islam materi hakikat manusia menggunakan pembelajaran berbasis proyek menitik beratkan pada proyek pencarian informasi proses penciptaan manusia melalui berbagai sumber. Keyword: Project Based Learning, Pendidikan Agama Islam, Implementasi.

Copyrights © 2019