Jurnal Bindo Sastra
Vol 3, No 2 (2019): Jurnal Bindo Sastra

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BRAIN WRITING TERHADAP KEMAMPUAN MAHASISWA MENULIS ARTIKEL DI MEDIA MASSA

Haryadi, Haryadi (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Jan 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh model pembelajaran Brain Writing terhadap kemampuan mahasiswa menulis artikel di media massa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen one-group pretest-posttest design. Instrumen yang digunakan untuk menjaring data adalah tes essay dalam bentuk penugasan yaitu menulis artikel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan metode brain writing sangat berpengaruh terhadap kemampuan mahasiswa dalam menulis artikel di media massa. Hal ini dapat dilihat dari hasil pembelajaran sebagai berikut. Nilai rata-rata pembelajaran sebelum menggunakan model brain writing sebesar 56,03. Nilai rata-rata sesudah menggunakan model brain writing sebesar 73,23. Hasil penelitian ini juga  ada yang homogeni dan tidak homogeni, selanjutnya digunakan uji non parametric (uji Wilcoxon). Signifikansinya 0.00, lebih kecil dari 0.05 artinya ada pengaruh. Simpulan dalam penelitian ini yaitu model pembelajaran Brain Writing berpengaruh terhadap kemampuan mahasiswa menulis artikel di media massa.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

bisastra

Publisher

Subject

Education

Description

Journal Bindo Sastra is a journal of Indonesian Language and Literature Education of Faculty of Teacher Training and Education at Universitas Muhammadiyah Palembang. Journal Bindo Sastra includes articles of Indonesian Language and Literature Education and published in twice a year, march and ...