APOTEMA : Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika
Vol 6 No 1 (2020): APOTEMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika

EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN MAHRAM NASAB DENGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBANTUAN GRAF TREE

Abdur Rosyid, Abdur Rosyid (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Jan 2020

Abstract

Sebagian besar metode pembelajaran yang diterapkan di Pondok Pesantren, khususnya di daerah Bangkalan masih bersifat konvensional. Namun berkat rasa homat kepada kyai dan ustadznya, para santri tetap senantiasa antusias mengikuti kegiatan belajar pembelajaran di Pondok Pesantren, meskipun terkadang sebagian dari para santri tidak memahami materi tersebut, salah satu materi yang sebenarnya tidak terlalu sulit, tetapi para santri ternyata banyak yang tidak mengerti adalah materi mahram nasab. Penjelasan materi mahram nasab yang dapat digambarkan dalam sislsilah keluarga sebenarnya dapat digambarkan dengan bentuk graf tree yang juga dapat diaplikasikan dengan bentuk media pembelajaran. Dengan menggunakan media pembelajaran graf tree ini, pembelajaran materi mahram nasab dengan berbantuan media pembelajaran graf treen berjalan dengan efektif yang ditunjukkan dengan 8 Aktivitas Santri yang efektif dengan nilai rata-rata 4,5, respon santri Pembelajaran Mahram Nasab dengan Media Pembelajaran Berbantuan Graf Tree positif dengan prosentase 98%, dan persentase Santri yang tuntas belajar 93%.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

APM

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

JURNAL APOTEMA, p-ISSN: 2407-8840, e-ISSN: 2580-9253 adalah wadah informasi berisi artikel-artikel ilmiah yang berupa hasil penelitian, studi kepustakaan, gagasan, aplikasi teori, kajian analisis kritis, dan kajian ke-Islaman dibidang keilmuan Pendidikan Matematika. Jurnal APOTEMA ini terbit 2 kali ...