Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan pembelajaran Matematika Realistik terhadap hasil belajar siswa kelas III B dan kelas III F. Pada mata pelajaran Matematika di SDIT Al-Madinah Cibinong, dengan memiliki rata-rata prestasi belajar kelas eksperimen 90 dan kelas kontrol 80,5 dan karakter peduli sosial memiliki rata-rata kelas eksperimen sebesar 12,75 dan kelas kontrol memiliki rata-rata 11,8. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen semu, pada penelitian ini pemilihan sampel pada quasi experimental tipe Non Equivalent Control Group Design tidak dilakukan pemilihan sampel secara random melainkan dipilih dengan sengaja oleh peneliti yaitu dengan masing-masing sampel kelas eksperimen 28 siswa dan kelas kontrol 28 siswa. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini yaitu: tes dan observasi. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) pengaruh pendekatan pembelajaran Matematika Realistik terhadap prestasi belajar siswa kelas III SDIT Al-Madinah pada mata pelajaran Matematika, dan (2) pengaruh pendekatan pembelajaran Matematika Realistik terhadap karakter peduli sosial siswa kelas III SDIT Al-Madinah pada mata pelajaran Matematika. maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pendekatan pembelajaran Matematika Realistik dalam prestasi belajar dan untuk menumbuhkan karakter peduli sosial
Copyrights © 2019