Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah model Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI SMK Negeri 3 Palembang pada materi dimensi tiga. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, yang dilakukan dalam dua siklus dan setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI BDP SMK Negeri 3 Palembang tahun pelajaran 2018/2019 yang berjumlah 29 orang. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan hasil tes belajar, yang didukung oleh observasi, dan wawancara untuk memperoleh data tambahan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase pencapaian ketuntasan hasil belajar siswapada siklus I adalah 65,52% dengan rata-rata 71,24. Sedangkan persentasi pencapaian ketuntasan hasil belajar pada siklus II adalah 93,10% dengan rata-rata 73,48. Dapat disimpulkan bahwa penerapan model Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI BDP SMK Negeri 3 Palembang pada materi dimensi tiga
Copyrights © 2019