APOTEMA : Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika
Vol 5 No 2 (2019): APOTEMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika

PENALARAN SISWA SMP TERHADAP SOAL GEOMETRI TIPE HOTS DITINJAU DARI KEMAMPUAN MATEMATIKA

Purwaningtyas, Kartika (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Jul 2019

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif yang bertujuan untuk mengetahui penalaran siswa terhadap soal geometri tipe HOTS. Subjek yang dipilih dalam penelitian merupakan 3 siswa kelas VIII A SMP Labschool UNESA Surabaya dengan rincian 1 orang siswa berkemampuan matematika tinggi, 1 orang siswa berkemampuan matematika sedang, dan 1 orang siswa berkemampuan matematika rendah. Instrumen peneitian terdiri atas : tes kemampuan matematika, tes soal geometri tipe HOTS dan wawancara. Data dianalisis berdasarkan indikator penalaran english. Berdasarkan analisis data tes dan wawancara diperoleh : 1) Siswa dengan kemampuan matematika tinggi sudah memenuhi indikator penalaran dalam mengerjakan soal geometri tipe HOTS,2) Siswa dengan kemampuan matematika sedang belum memenuhi indikator penalaran menurut English dalam mengerjakan soal geometri tipe HOTS terutama dalam tahap menarik kesimpulan. 3) Siswa dengan kemampuan matematika rendah belum memenuhi indikator penalaran dalam mengerjakan soal geometri tipe HOTS terutama dalam tahap manganalisis data dan menarik kesimpulan

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

APM

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

JURNAL APOTEMA, p-ISSN: 2407-8840, e-ISSN: 2580-9253 adalah wadah informasi berisi artikel-artikel ilmiah yang berupa hasil penelitian, studi kepustakaan, gagasan, aplikasi teori, kajian analisis kritis, dan kajian ke-Islaman dibidang keilmuan Pendidikan Matematika. Jurnal APOTEMA ini terbit 2 kali ...