Kemampuan komunikasi matematis siswa adalah aspek yang perlu dikembangkan dalam pembelajaran matematika. Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh deskripsi kemampuan komunikasi matematis siswa SMP dalam menyelesaikan soal lingkaran. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Subjek penelitian ini adalah 38 peserta didik kelas VIII A-2 SMPN 2 Soko-Tuban yang diambil subjeknya adalah 6 peserta didik yang berasal dari pengelompokan kemampuan yaitu kemampuan tinggi, kemampuan sedang, kemampuan rendah. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan (1) subjek dengan pengelompokan tinggi memiliki kemampuan komunikasi matematis yang baik pada Indikator Komunikasi Matematis 2 (IDK 2), dan sangat baik pada (IDK 1), (IDK 3), (IDK 4) dan (IDK 5); (2) subjek dengan pengelompokan sedang memiliki kemampuan komunikasi yang baik pada (IDK 2), (IDK 3) dan sangat baik pada (IDK 1), (IDK 4), (IDK 5); (3) subjek dengan pengelompokan rendah memiliki kemampuan komunikasi yang baik pada (IDK 1) dan tidak baik pada (IDK 2), (IDK 3), (IDK 4), (IDK 5)
Copyrights © 2019