Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan profil pemecahan masalah sistem persamaan linear tiga variabel siswa SMA ditinjau dari perbedaan jenis kelamin. Penelitian ini merupakan peneltian deskriptif-kualitatif. Subjek dalam penelitian ini terdiri dari 1 siswa SMA kelas X berjenis kelamin laki-laki dan 1 siswa SMA kelas X berjenis kelamin perempuan. Dalam penelitian ini digunakan tes pemecahan masalah dan pemberian kuisioner untuk memperoleh data profil pemecahan masalah siswa. Kuisioner diberikan setelah tes pemecahan masalah. Hasil penelitian menunjukkan siswa laki-laki mampu memahami masalah dengan cepat, tetapi informasi yang ditulis lebih singkat. Dalam merencanakan penyelesaian dan melaksanakan rencana penyelesaian, siswa laki-laki mampu melakukan dengan baik, tetapi tidak mengoreksi kembali jawabannya. Hasil penelitian menunjukkan siswa perempuan butuh waktu lebih lama dalam memahami masalah, tetapi informasi yang dituliskan lebih lengkap. Dalam merencanakan penyelesaian dan melaksanakan rencana penyelesaian, siswa perempuan dapat melakukan dengan baik, dan juga mengoreksi kembali jawabannya. Baik siswa laki-laki maupun perempuan dapat menyelesaikan masalah dengan benar
Copyrights © 2019