APOTEMA : Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika
Vol 5 No 2 (2019): APOTEMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika

ANALISIS KEMAMPUAN SISWA SMA DALAM MENYELESAIKAN SOAL HOTS MATERI TRIGONOMETRI DITINJAU DARI GAYA BELAJAR ANALYSIS HIGH ORDER THINKING IN TRIGONOMETRIC MATERIAL BASED ON LEARNING STYLES FRANCO JOHAN MAHENDRATAMA

Johan Mahendratama, Franco (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Jul 2019

Abstract

Trigonometri merupakan salah satu materi yang dipelajarai dalam ilmu matematika pendidikan. Kegunaan materi trigonometri dalam kehidupan sehari ? hari salah satunya adalah digunakan untuk mengukur tinggi sebuah bangunan. Melihat pentingnya trigonometri dalam kehidupan sehari ? hari layak untuk dipelajari lebih mendalam dalam sekolah. Kesulitan siswa dalam mempelajari trigonometri di sekolah yaitu pada saat menyelesaikan soal berpikir tingkat tinggi (high order thinking). Hal tersebut didapat penulis pada saat melakukan uji coba di lapangan untuk mengetahui kemampuan siswa SMA dalam menyelesaikan soal berpikir tingkat tinggi (high order thinking) pada materi trigonometri didapat permasalahan bahwa siswa kesulitan untuk menyelesaikan soal berpikir tingkat tinggi (high order thinking). Berdasarkan permasalahan tersebut, penulis terinspirasi untuk menganalisis lebih dalam mengenai kemampuan siswa SMA dalam menyelesaikan soal berpikir tingkat tinggi (high order thinking) materi trigonometri ditinjau dari gaya belajar. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk menganalisis kemampuan siswa SMA dalam menyelesaikan soal berpikir tingkat tinggi (high order thinking) materi trigonometri ditinjau dari gaya belajar. Hasil dari penelitian ini adalah siswa dengan gaya belajar auditori mendapatkan nilai 15 dengan kategori rendah. Siswa dengan gaya belajar visual mendapatkan nilai 90 dengan kategori tinggi. Sedangkan siswa dengan gaya belajar kinestetik mendapatkan nilai 15 dengan kategori rendah

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

APM

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

JURNAL APOTEMA, p-ISSN: 2407-8840, e-ISSN: 2580-9253 adalah wadah informasi berisi artikel-artikel ilmiah yang berupa hasil penelitian, studi kepustakaan, gagasan, aplikasi teori, kajian analisis kritis, dan kajian ke-Islaman dibidang keilmuan Pendidikan Matematika. Jurnal APOTEMA ini terbit 2 kali ...