Sistemasi: Jurnal Sistem Informasi
Vol 9, No 1 (2020): Sistemasi: Jurnal Sistem Informasi

MARKETING MAPS PADA LEMBAGA AMIL ZAKAT MENGGUNAKAN ALGORITMA CLUSTERING DAN ASSOCIATION RULES

Alif Rizqi Mulyawan (STMIK Nusa Mandiri)
Windu Gata (Program Studi Magister Ilmu Komputer STMIK Nusa Mandiri Jakarta)
Salman Alfarizi (Program Studi Sistem Informasi, Universitas Bina Sarana Informatika)



Article Info

Publish Date
31 Jan 2020

Abstract

Masalah kemiskinan selalu memperoleh perhatian utama di negara Indonesia dan menjadi sebuah persoalan yang mendasar dan pemerintah sebagai pihak yang paling bertanggung jawab dalam penanggulangannya. Tetapi masalah kemiskinan ini tidak hanya menjadi tanggung jawab penuh oleh pemerintah saja, dibutuhkan juga peran serta dari masyarakat. Oleh karena itu organisasi atau lembaga non pemerintah seperti baitul maal atau lembaga amil zakat di daerah harus mampu mengoptimalkan perannya terhadap permasalahan kemiskinan ini. Salah satu upaya mengoptimalkan peran serta lembaga amil zakat dalam berkontribusi memecahkan permasalahan kemiskinan adalah meningkatkan loyalitas para donaturnya. Karena semakin banyak jumlah donatur yang terdaftar dan semakin tinggi loyalitas donaturnya menjadi salah satu tolak ukur keberhasilan, dimana ini akan berbanding lurus juga dengan dana himpunan donasi yang akan didapatkan. Tetapi pada aktualnya untuk meningkatkan jumlah dan loyalitas para donatur tidaklah mudah, ini disebabkan penentuan strategi pemasaran atau marketing mapsĀ  yang dilakukan selama ini tidaklah optimal. Oleh karena itu dalam penelitian ini akan dilakukan penyusunan strategi pemasaran atau marketing maps dengan pendekatan datamining. Metode pertama yang digunakan adalah K-Means Clutering yang berguna untuk pengelompokan data donatur. Data donatur yang akan di proses merupakan data transaksi selama 6 bulan terkahir pada sebuah lembaga amil zakat di daerah karawang dengan atribut RFM (Recency, Frequency Monetary) yang dipilih. Kemudian dari hasil pencarian menggunakan metode elbow, nilai k atau jumlah cluster yang paling optimal adalah 2 dan menghasilkan kelompok donatur low dan kelompok donatur high. Dan pada proses terakhir dilakukan proses asosiasi terhadap data transaksi dari masing-masing kelompok donatur dengan menggunakan metode Association Rules untuk mengetahui keterkaitan program-program donasi yang dipilih oleh masing-masing kelompok donatur yang hasilnya dapat dijadikan sebagai data atau referensi dalam pembuatan strategi pemasaran atau marketing maps.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

stmsi

Publisher

Subject

Computer Science & IT Electrical & Electronics Engineering

Description

Sistemasi adalah nama terbitan jurnal ilmiah dalam bidang ilmu sains komputer program studi Sistem Informasi Universitas Islam Indragiri, Tembilahan Riau. Jurnal Sistemasi Terbit 3x setahun yaitu bulan Januari, Mei dan September,Focus dan Scope Umum dari Sistemasi yaitu Bidang Sistem Informasi, ...