Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual
Vol 5, No 1 (2020): Volume 5 Nomor 1, Februari 2020

Peningkatan Ketuntasan Hasil Belajar Kimia pada Materi Hidrokarbon Melalui Model Pembelajaran Deduktif Siswa Kelas XI IPA

Yuliastuti Yuliastuti (Sekolah Menengah Atas Negeri 4 Kota Blitar)



Article Info

Publish Date
29 Feb 2020

Abstract

Siswa kelas XI IPA 1 di SMAN 4 Kota Blitar pada ulangan blok 1 hanya mencapai ketuntasan belajar kimia sebesar 52,33% siswa. Tujuan penulisan ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar dan kreatifitas siswa Sekolah Menengah Atas Negeri 4 Kota Blitar setelah menggunakan model pembelajaran deduktif. Model pembelajaran deduktif merupakan model pembelajaran yang mengajarkan mata pelajaran berupa konsep atau penggeneralisasian yang cara penyajian pelajaran ini diawali dengan proses berfikir yang bertolak dari pernyataan bersifat umum dan lebih bersifat terbuka sehingga memberikan kesempatan lebih banyak pada siswa untuk menemukan gagasan baru hasil pemprosesan informasi selama proses pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari tiga siklus. Masing-masing siklus meliputi menyatakan abstraksi, ilustrasi contoh yang dibuat siswa, dan penutup. Adapun fokus dalam penelitian ini adalah hasil belajar dan kreatifitas siswa kelas XI IPA 1 SMAN 4 Kota Blitar tahun ajaran 2019/2020. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, tes akhir siklus dan angket. Hasil dari penelitian ini adalah rata-rata hasil belajar siswa pada siklus II adalah 2,46 pada siklus II adalah 2,78 dan pada siklus III adalah 3,17, sehingga dalam prestasi ketuntasan belajar pada siklus I adalah 75,55%, siklus II naik menjadi 76,66% dan pada siklus III naik menjadi 82,32%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah model pembelajaran deduktif dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Saran dari penelitian ini adalah dianjurkan untuk model pembelajaran deduktif perlu diterapkan sebagai salah satu alternatif kegiatan belajar mengajar pada pokok bahasan yang sesuai dengan indikator hasil belajar.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

BRILIANT

Publisher

Subject

Civil Engineering, Building, Construction & Architecture Computer Science & IT Education

Description

BRILIANT : Jurnal Riset dan Konseptual published by Universitas Nahdlatul Ulama Blitar. Published four times a year in print and online. Journals are published every three months, in February, May, August and November. The article topics contained in this journal are the results of research and ...