Didaktis: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan
Vol 20, No 1 (2020)

Penanganan Kesulitan Belajar Siswa dengan Pendekatan Psikologi Belajar di SMA Negeri 3 Kendari

Lilianti Lilianti (Universitas Muhammadiyah Kendari)



Article Info

Publish Date
18 Feb 2020

Abstract

Kesulitan belajar adalah salah satu kondisi atau masalah yang dialami oleh siswa dalam belajar, sehingga dapat menurunkan kinerja akademik atau prestasi belajar siswa. Dengan kondisi seperti ini perlu adanya pendekatan proses belajar yang baik dan solutif, untuk memberikan pemahaman serta dapat memahami aspek psikologis siswa dalam belajar sehingga perlu adanya “Balance” psikologi belajar antara guru dan siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah; (1) untuk mengetahui cara mendiagnosis kesulitan belajar siswa; (2) untuk mengetahui solusi untuk mengatasi/memecahkan masalah kesulitan belajar siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskripti kualitatif. Adapun sumber data yang digunakan adalah guru dan siswa. Instrumen yang digunakan adalah wawancara, obeservasi dan dokumentasi. Teknik analisis data adalah wawancara, catatan lapangan, identifikasi, deskripsi. Hasil dari penelitian diketahui bahwa langkah-langkah yang dilakukan oleh guru dalam mengatasi kesulitan belajar siswa adalah: (a) Guru dapat mengetahui dan memahami kondisi dan perbedaan setiap siswanya; (b) Guru dapat memetakan kondisi dan keadaan siswa berdasarkan karakteristiknya, kemampuannya maupun gaya siswa dalam belajar; (c) Guru dapat mengkolaborasikan model maupun pendekatan dalam belajar sehingga menciptakan variasi dalam belajar;  (d) Guru dapat memahami kondisi psikologis anak dalam belajar sehingga terjadi balance dalam setiap proses belajar mengajar; (e) Guru memberikan motivasi, dorongan dan perhatian kepada anak agar dapat belajar dengan baik dan sungguh-sungguh.

Copyrights © 2020