Widya Cipta : Jurnal Sekretari dan Manajemen
Vol 4, No 1 (2020): Maret 2020

Analisis Pengaruh Product Assortment dan Desain Kemasan Terhadap Minat Beli Pada UMKM Di Kota Bima

iryanti wahyuni (sekolah tinggi ilmu ekonomi bima)
Sri Ernawati (sekolah tinggi ilmu ekonomi bima)



Article Info

Publish Date
03 Mar 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh product assortment dan desain kemasan terhadap minat beli pada UMKM di Kota Bima. Penelitian ini menggunakan desain penelitian survei pada responden dengan menyebarkan kuesioner kepada konsumen pada UMKM di Kota Bima.Populasi penelitian ini adalah konsumen UMKM di Kota Bima yang jumlahnya tidak bisa diukur dengan pasti (unknown population).Sampel dalam penelitian ini berjumlah 50 responden menggunakan teknik purposive sampling.Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan skala Likert, yang masing-masing telah diuji dan telah memenuhi persyaratan validitas dan reliabilitas.Analisis data menggunakan regresi linier berganda dan pengujian hipotesis menggunakan uji signifikansi parsial (uji t). Hasil analisis regresi linier berganda dengan SPSS versi 20 menunjukan bahwa product assortment tidak mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli pada UMKM di Kota Bima, dan desain kemasan mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli pada UMKM di Kota Bima.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

widyacipta

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Social Sciences

Description

Widyacipta: Jurnal Sekretari dan Manajemen dipublikasi mulai tahun 2017 dengan P-ISSN: 2550-0805 E-ISSN: 2550-0791 memuat tulisan ilmiah tentang gagasan konseptual, kajian, aplikasi teori, studi kepustakaan, dan hasil penelitian yang mempunyai fokus pada perkembangan manajemen, sosial, ...