Abstrak: Era digital pada saat ini berpengaruh pada pendidikan. Pendidikan dengan memanfaatkan teknologi akan mempermudah proses pembelajaran. Media video dalam pembelajaran akan membantu guru untuk memudahkan menyampaikan materi dan menciptakan situasi pembelajar yang tidak monoton, serta akan membantu memudahkan peserta didik untuk memahami materi. Tujuan pengembangan ini adalah menghasilkan produk Media Video Pembelajaran IPA Tentang Sifat dan Perubahan Wujud Benda pada siswa Kelas IV di SDN Merjosari 5 Malang yang valid dan efektif. Pengembangan ini telah melalui tahap identifikasi kebutuhan, perumusan tujuan pembelajaran, pengembangan materi, pegembangan alat evaluasi, penulisan naskah, produksi media, menyusun petunjuk pemanfatan, validasi/ tes, dan revisi sesuai dengan model pengembangan Sadiman (2010). Validasi produk dilakukan terhadap ahli media dan juga ahli materi. Sasaran uji coba media ini yaitu seluruh siswa kelas IV di SDN Merjosari 5 Malang. Berdasarkan uji coba validasi yang dilakukan terhadap ahli media, ahli materi, dan siswa dapat disimpulkan bahwa media video yang telah dikembangkan termasuk kategori valid. Selain itu berdasarkan tes belajar terhadap siswa dapat disimpulkan bahwa media yang dikembangkan termasuk kategori efektif. Sehingga media video pembelajaran yang telah dikembangkan ini dikategorikan valid dan efektif untuk dapat digunakan pada kegiatan pembelajaran.Abstract: The digital age is currently influencing education. Education by utilizing technology will facilitate the learning process. Video media in learning will help the teacher to facilitate delivering the material and create a learning situation that is not monotonous and will help make it easier for students to understand the material. The purpose of this development is to produce a product of Science Learning Video Media about the Nature and Change of Objects in Class IV students at Merjosari 5 Malang SDN which are valid and effective. This development has gone through the stages of identification of needs, formulation of learning objectives, material development, development of evaluation tools, scriptwriting, media production, compiling instructions for use, validation/tests, and revisions in accordance with Sadiman's (2010) development model. Product validation is carried out on media experts and material experts. The target of this media trial is all fourth-grade students at Merjosari 5 Elementary School Malang. Based on the validation tests conducted on media experts, material experts, and students, it can be concluded that the video media that has been developed includes a valid category. In addition, based on learning tests on students, it can be concluded that the media developed includes effective categories. So that the learning video media that has been developed is categorized as valid and effective to be used in learning activities.
Copyrights © 2018