Jurnal Manajemen Indonesia
Vol 19 No 3 (2019): Jurnal Manajemen Indonesia

ANALISIS PEMASARAN BERBASIS HUBUNGAN PT. XYZ DENGAN HOREKA DI BOGOR

Rangga Jayanti Rantetoding (Unknown)
Lilik Noor Yuliati (Unknown)
Budi Suharjo (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2019

Abstract

The influence of the growth of tourism industry which affected the increasing demand for beef also occurs in Bogor City and Regency. This research was conducted at PT XYZ with their business partners Horeka in Bogor. The relationship between PT XYZ and 100 business partners in Bogor is a marketing relationship between suppliers and suppliers, in which PT XYZ acts as a supplier and company as a product distributor to end consumers. The purpose of this study was to analyze relationship-based marketing between PT XYZ and Horeka business partners in the city of Bogor. Data was obtained by the census method on 100 Horeka business partners who had made purchases at least twice in the past month at PT XYZ until August 2018. The research methodin this study was descriptive analysis using the Top two boxes method and Structural Equation Model (SEM) with Lisrel tools. Based on the results of descriptive analysis, it can be seen that 98 percent of people try to promote mutually beneficial cooperation. The results of the SEM model analysis show that the pattern of linkages that occur in relationship-based marketing of PT XYZ with business partners is not only based on mere financial benefits. The relationship that was built between PT XYZ and Horeka business partners was based more on trust based on flexible business practices. Keywords—Commitment, Cooperation, Relationship Marketing, Trust Abstrak Pengaruh pertumbuhan industri pariwisata yang juga menjadi pengaruh meningkatnya kebutuhan daging sapi terjadi juga di Kota dan Kabupaten Bogor. Penelitian ini dilakukan pada PT XYZ dengan mitra usaha horeka di Bogor. Hubungan antara PT XYZ dengan 100 mitra usaha horeka di Bogor merupakan hubungan pemasaran antara pemasok dan penyalur.Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pemasaran berbasis hubungan antara PT XYZ dengan mitra usaha horeka di kota Bogor.Data di peroleh dengan metode sensus pada 100 mitra usaha horeka yang sudah melakukan pembelian minimal dua kali dalam satu bulan terakhir pada PT XYZ sampai dengan bulan Agustus 2018. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif dengan menggunakan metode Top two boxesserta Structural Equation Model(SEM) dengan tools Lisrel. Berdasarkan hasil analisis deskriptif, dapat diketahui bahwa 98 persen horeka berupaya mengedepankan kerjasama saling menguntungkan. Hasil analisis model SEM menunjukan bahwa pola keterkaitan yang terjadi dalam pemasaran berbasis hubungan PT XYZ dengan mitra usaha horeka tidak hanya didasarkan pada keuntungan finansial semata. Karena hubungan yang terbangun antara PT XYZ dan mitra usaha horeka lebih didasari karena kepercayaan yang berpedoman pada praktek bisnis yang fleksibel. Kata kunci— Kepercayaan, Kerjasama, Komitmen, Pemasaran Berbasis Hubungan

Copyrights © 2019