Jurnal Ilmiah Manajemen Kesatuan
Vol 1 No 3 (2013): JIMKES Edisi Desember 2013

Faktor-Faktor Pembentuk Kepuasan Pelanggan Minyak Goreng Bermerek Di Kota Bogor Berbasis Model Partial Least Square

Sulistiono, Sulistiono (Unknown)
Setiawan, Budi (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Dec 2013

Abstract

Kepuasan pelanggan merupakan inti dari setiap bisnis, dalam jangka pendek sebagai upaya untuk meningkatkan revenue dan profit, sedangkan dalam jangka panjang dapat membangun loyalitas dan memperkuat merek. Beberapa model kepuasan pelanggan yang telah digunakan pada beberapa Negara, seperti di Eropa (ECSI/ European Customer Satisfaction Index), Amerika (ACSI/American Customer Satisfaction Index), menggunakan model Partial Least Square (PLS). Minyak goreng bermerek memiliki market size mencapai Rp 12 Triliun setiap tahunnya. Persaingan minyak goreng bermerek semakin tinggi, sebagaimana ditandai dengan jumlah merek yang bertambah dan semakin menurunnya penetrasi konsumsi minyak terhadap GDP per kapita di Indonesia. Berdasarkan data Top Brand di Indonesia selama 10 tahun terakhir, terlihat bahwa sebuah merek minyak goreng superior dalam 3 tahun terakhir mulai mengalami penurunan. Hal ini merupakan salah satu indikator berkurangnya pangsa pasar sebagai akibat dari loyalitas pelanggan yang menurun meskipun kepuasannya tetap. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab permasalahan (a) Bagaimana hubungan kausalitas yang terjadi di antara peubah-peubah latent, sebagai faktor penting dalam pembentukkan kepuasan pelanggan, (b)Apakah kepuasan pelanggan secara keseluruhan berpengaruh secara nyata terhadap loyalitas pelanggan, dan (c) Bagaimana bentuk terbaik dari model Partial Least Square kepuasan pelanggan. Metode penelitian menggunakan metode survey, di wilayah Kecamatan Bogor Barat, dan Kecamatan Tanah Sareal. Sampel berukuran 100 orang responden secara nonprobability. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hubungan kausalitas yang terjadi di antara peubah-peubah latent pembentuk kepuasan pelanggan, seluruhnya memiliki hubungan kausalitas yang positif dan nyata. Faktor-faktor penting pembentuk kepuasan pelanggan yang telah ditetapkan dalam model Partial Least Square (PLS), memiliki pengaruh yang positif dan nyata terhadap loyalitas pelanggan. Bentuk model PLS terbaik dari kepuasan pelanggan minyak goreng di Kota Bogor, adalah dengan mengeluarkan indikator IMAGE3 pada peubah latent Image dan indikator LOYAL1 pada peubah latent Loyalty. Kata kunci: model partial least square, kepuasan pelanggan, pereferensi konsumen

Copyrights © 2013






Journal Info

Abbrev

jimkes

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

Jurnal Ilmiah Manajemen Kesatuan (JIMKES) dikelola dan diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Institut Bisnis dan Informatika Kesatuan bekerjasama dengan Fakultas Bisnis dan Fakultas Vokasional IBI ...