Sutasoma : Jurnal Sastra Jawa
Vol 3 No 1 (2014): Sutasoma

UNSUR INTRINSIK DAN UNSUR PENDIDIKAN DALAM RUBRIK WACAN BOCAH PADA MAJALAH JAKA LODHANG (BULAN JANUARI-AGUSTUS TAHUN 2013)

Yunita, Tri Erna (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Oct 2014

Abstract

Rubrik bocah wacan adalah cerita ringan pada majalah Jaka Lodhang dikhususkan untuk anak-anak. Sebagai salah satu kolom di majalah, wacan bocah laki-laki yang relatif menarik sehingga pembaca selalu ditunggu-tunggu, terutama anak-anak. Cerita anak-anak memiliki kekhasan tersendiri yang dapat dilihat dari karakteristik struktural dari cerita. Selain cerita anak-anak juga merupakan sarana untuk menanamkan nilai-nilai dan moral kebijakan mengandung unsur pendidikan di dalamnya. Oleh karena itu perlu dilakukan penelitian secara mendalam tentang unsur-unsur intrinsik dan unsur-unsur dalam rubrik pendidikan bocah wacan pada majalah Jaka Lodang. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori strukturalisme. Penelitian ini menggunakan pendekatan objektif. Metode yang digunakan adalah metode analisis struktural. Tujuan dari penelitian ini adalah unsur intrinsik dan unsur-unsur rubrik pendidikan bocah wacan pada majalah Jaka Lodhang (bulan Januari-Agustus 2013). 35 eksemplar majalah yang dipilih 10 cerita berdasarkan tema kontinuitas yang signifikan antara satu cerita dan cerita-cerita lain yang seharusnya penuh dengan pendidikan karakter. Ke-10 cerita EMOH ngalah (12 Januari 2013), Omah Ing Tengah Alas (23 Februari 2013), Sega Kuning (30 Maret 2013), Mbah Mur (20 April 2013), Warisan menyanyikan Murakabi (4 Mei 2013), Momong Adhik (8 Juni 2013), Pangumbara lan Manuk Podhang (1 Juli 2013), Nandur Culika Ngundhuh Cilaka (27 Juli 2013), Putri Dhuyung (3 Agustus 2013) dan Keweleh (24 Agustus 2013). Penelitian ini menghasilkan dua kesimpulan, (1) unsur-unsur intrinsik cerita dalam bocah wacan rubrik majalah Jaka Lodhang (bulan Januari-Agustus 2013) terdiri dari plot, karakter dan karakterisasi, pengaturan, tema dan amanat, dan sudut pandang. Semua cerita menggunakan alur yang lurus. Karakter dan karakterisasi memiliki karakter tertentu dan tidak semua tokoh utama ditampilkan karakter baik hati / protagonis. cerita menggunakan sudut pandang Diaan-mahatahu. (2) Elemen yang terkandung dalam cerita pendidikan adalah pendidikan sosial, moral, karakter dan keilahian. Berdasarkan penelitian menyarankan bahwa anak itu menjadi alternatif rubrik bahan ajar bocah wacan di sekolah-sekolah dan apresiasi sastra diharapkan menjadi motivasi dan inovasi bagi peneliti lain untuk melakukan literatur penelitian lebih kreatif. Rubric wacan bocah is a light story on Jaka Lodhang magazine devoted to children. As one of the column in the magazine, wacan bocah relatively attractive boy so readers always eagerly awaited, especially the children. Children's story has its own peculiarities which can be seen from the structural characteristics of the story. In addition to the children's story is also a means to instill values and morals policy contains elements of education in it. It is therefore necessary to study in depth about the intrinsic elements and elements within the rubric of education wacan bocah on Jaka Lodang magazine .The theory used in this study is the theory of structuralism. This study uses an objective approach. The method used is the method of structural analysis. Objectives of this study are intrinsic elements and elements of education rubric wacan bocah on Jaka Lodhang magazine (month from January to August 2013). 35 copies of the magazine selected 10 stories based on the theme of significant continuity between one story and the other stories that supposedly full of character education. All 10 stories are Emoh Ngalah (January 12, 2013), Omah Ing Tengah Alas (23 February 2013), Sega Kuning ( March 30, 2013 ), Mbah Mur (20 April 2013), Warisan sing Murakabi (May 4, 2013), Momong Adhik (June 8, 2013), Pangumbara lan Manuk Podhang (July 1, 2013), Nandur Culika Ngundhuh Cilaka (July 27, 2013), Putri Dhuyung (August 3, 2013) and Keweleh (August 24, 2013). This study resulted in two conclusions, (1) the intrinsic elements of the story in the rubric wacan bocah of Jaka Lodhang magazine (month of January-August 2013) consists of plots, characters and characterization, setting, theme and mandate, and viewpoints. All stories using a straight furrow. Character and characterization has a specific character and not all key figures displayed good-natured character/ protagonist. All stories using Diaan-omniscient viewpoint. (2) Elements contained in the story of education is the education of social, moral, character and divinity. Based on the research suggested that the boy be an alternative rubric wacan bocah teaching materials at schools and literary appreciation is expected to be the motivation and innovation for other researchers to conduct research literature more creative.

Copyrights © 2014