Jurnal Bakti Saraswati
Vol 8 No 1 (2019): Jurnal Bakti Saraswati (JBS): Media Publikasi Penelitian dan Penerapan IPTEKS

PENERAPAN INKUIRI TERBIMBING SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR MAHASISWA POKOK BAHASAN ANALISIS VEKTOR DI STMIK STIKOM INDONESIA

Putri, Ni Wayan Suardiati (Unknown)
Suryati, Ni Kadek (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 Mar 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan prestasi belajar siswa kelas H, mata pelajaran matematika 1 di STMIK STIKOM Indonesia melalui penerapan pembelajaran inkuiri pembelajaran analisis vektor. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan model Kurt Lewin. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas H mata pelajaran Matematika 1 di STMIK STIKOM Indonesia sebanyak 29 siswa. Berdasarkan hasil ini, dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran inkuiri terbimbing dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar analisis vektor. Hal ini ditunjukkan oleh peningkatan persentase aktivitas belajar siswa dari siklus pertama ke siklus kedua sebesar 25,56% dan persentase peningkatan nilai rata-rata siswa, penguasaan pembelajaran, penyerapan dari pra-siklus ke siklus pertama masing-masing 9,18% 13,33%, dan 9,18%, dan persentase peningkatan nilai rata-rata siswa, penguasaan belajar, dan penyerapan dari siklus I ke siklus II adalah 12,69%, 41,19% dan 12,69%.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

baktisaraswati

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Bakti Saraswati Berfokus pada publikasi hasil-hasil penelitian, baik penelitian murni maupun terapan dan ulasan (review) penerapan IPTEKS bagi masyarakat, serta pemikiran-pemikiran kritis ...