Psikosains: Jurnal Penelitian dan Pemikiran Psikologi
Vol 14 No 2 (2019)

PELATIHAN HYPNOTHERAPY UNTUK MENURUNKAN INTENSITAS BERBICARA KASAR SISWA MTS MUHAMMADIYAH SRUMBUNG

Akhmad Liana Amrul Haq (Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Magelang)
Aning Az Zahra (Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Magelang)



Article Info

Publish Date
26 Nov 2019

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas pelatihan hypnotherapy untuk menurunkan intensitas berbicara kasar. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa MTs Muhammadiyah Srumbung yang berjumlah 30 siswa, siswa terbagi menjadi dua kelompok perlakuan yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Data dalam penelitian ini dikumpulkan menggunakan skala intensitas berbicara kasar yang disusun berdasarkan empat aspek yaitu perilaku, objek target, situasi dan batasan waktu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini berbentuk true eksperimen menggunakan two independent group design. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan metode independent sampel t-test, hasil analisi data diperoleh nilai t -5.438 dengan p = 0,030 (p<0,050). Berdasarkan hasil analisis tersebut dapat diketahui bahwa pelatihan hypnotherapy efektif untuk menurunkan intensitas berbicara kasar siswa MTs Muhammadiyah Srumbung. Siswa yang mengikuti pelatihan hypnoterapy memiliki skor intensitas berbicara kasar yang lebih rendah dibanding dengan siswa yang tidak mengikuti pelatihan hypnotherapy. Kata kunci: hypnotherapy, intensitas berbicara kasar Abstract This research aims to determine the effectiveness of hypnotherapy training to reduce the intensity of coarse speaking. The subjects of this research were the students of MTs Muhammadiyah Srumbung. 30 students were divided into the experimental group and the control group. The data in this study were collected using a coarse speaking intensity scale which compiled based on four aspects. The aspect were: behavior, target object, situation and time limit. The method used in this study is true experiment using two independent group design. The data analysis result gained by using independent sample t-test method. The results of data analysis obtained t -5.438 with p = 0.030 (p<0.050). Based on the result above, it was found the the hypnotherapy training were effective to reduce the intensity of abusive speaking of the students of MTs Muhammadiyah Srumbung. Students who take hypnototherapy training have lower coarse speaking intensity scores compared to students who do not take hypnotherapy training. Keywords: hypnotherapy, intensity of coarse speaking.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

psikosains

Publisher

Subject

Humanities Neuroscience Physics Social Sciences Other

Description

PSIKOSAINS adalah jurnal ilmiah yang memuat hasil-hasil penelitian maupun Pemikiran dalam bidang psikolog. Diterbitkan dua kali dalam satu ...