Jurnal Berdaya Mandiri
Vol 1, No 1 (2019)

PELATIHAN PENGEMBANGAN STRATEGI PEMBELAJARAN LITERASI AWAL PADA GURU TAMAN KANAK-KANAK

Widyastuti, Titik Mulat (Unknown)
Sakti, Syahria Anggita (Unknown)
Handoko, Herdi (Unknown)
Novitasari, Khikmah (Unknown)
Utami, Novianti Retno (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Aug 2019

Abstract

Kegiatan pelatihan ini bertujuan untuk mendampingi guru dalam mengembangkan strategi pembelajaran yang sesuai untuk menstimulus literasi awal anak usia dini sehingga kemampuan literasi awal anak dapat terfasilitasi dengan baik. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini yaitu pelatihan, pendampingan, implementasi dan evaluasi. Pembekalan diberikan selama dua kali dengan memberikan materi mengenai literasi awal. Pendampingan dilaksanakan selama dua kali untuk memberikan pengalaman dalam menyusun strategi dan pembuatan media pembelajaran. Implementasi dalam pengabdian ini dilaksanakan selama dua minggu dan evaluasi dilaksanakan untuk mengetahui sejauh mana strategi yang dibuat oleh guru mampu meningkatkan literasi awal anak. Pelatihan ini diharapkan tidak hanya memberikan pengetahuan baru mengenai literasi awal anak namun juga meningkatkan kreativitas guru dalam merancang strategi pengembangan literasi awal anak.

Copyrights © 2019