LENSA (Lentera Sains): Jurnal Pendidikan IPA
Vol. 9 No. 2 (2019): November 2019

PENGEMBANGAN BUKU KERJA MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS KONTEKSTUAL SEBAGAI PENUNJANG MATA KULIAH MEDIA PEMBELAJARAN

Herowati Herowati (Universitas Wiraraja)
Lutfiana Fazat Azizah (Universitas Wiraraja)



Article Info

Publish Date
25 Nov 2019

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan buku kerja media pembelajaran IPA berbasis kontekstual sebagai penunjang mata kuliah media pembelajaran ditinjau dari validasi ahli. Model penelitian yang digunakan adalah model penelitian pengembangan 4D (four D) yang terdiri dari 4 tahapan yaitu: Define (Pendefinisian), Design (Perancangan), Develope (Pengembangan), dan Disseminate (Penyebaran). Penelitian ini terbatas hanya pada tahap define, design, dan develope. Hasil penelitian yang didapatkan yaitu kelayakan buku kerja media pembelajaran IPA berbasis kontekstual didapatkan dari hasil validasi aspek materi 96%, desain memperoleh rata-rata persentase 98% dan respon mahasiswa 95% dengan kategori sangat layak sehingga buku kerja media pembelajaran IPA berbasis kontekstual dapat digunakan.

Copyrights © 2019