PAEDAGOGIA
Vol 17, No 1 (2014): PAEDAGOGIA Jilid 17 Nomor 1 (2014)

REFLEKSI DIRI DAN PENINGKATAN PROFESIONALISME GURU

Rahman, Bujang (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Nov 2019

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat bagaimana dan sejauh mana refleksidiri guru memiliki kontribusi terhadap upaya pengembangan profesionalismenya.Penelitian ini melibatkan sebanyak 120 guru SD di Provinsi Lampung. Pengambilansampel dilakukan secara random sampling. Instrumen penelitian berupa angket persepsiguru. Analisis data dilakukan dengan menggunakan metode analisis regresi linier. Hasilpenelitian dapat dikemukakan bahwa refleksi diri guru secara signifikan memberikankontribusi positif terhadap perilaku profesional maupun upaya pengembanganprofesionalisme sebesar 35,1% (p<0.05). Dengan kata lain, jika refleksi diri gurudilakukan dengan baik, maka upaya yang dilakukannya untuk mengembangkanprofesionalisme juga baik.

Copyrights © 2014