Al-Hayat: Journal of Islamic Education
Vol 3 No 2 (2019): Al-Hayat: Journal of Islamic Education

Contemporary Issues of Islamic Religious Education in The Scope of Delegate Vocational High School (SMK) Muhammadiyah

Uswatun Khasanah (Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Muhammadiyah Klaten, Central Java, Indonesia)



Article Info

Publish Date
26 Dec 2019

Abstract

Pendidikan Agama Islam di Indonesia hingga saat ini masih menghadapi berbagai persoalan dan tantangan serta kritikan dari berbagai pihak, baik dalam lingkup internal maupun eksternal. Sekolah harus mempunyai eksistensi dalam kualitas dan memiliki ciri khas. Problematika yang ada di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Muhammadiyah Delanggu, Klaten, Jawa Tengah, Indonesia meliputi: problem kualitas baik sarana prasarana dan output lulusan, problem lembaga pendidikan swasta yang secara sosial masih di anggap nomor dua setelah lembaga pendidikan negeri, problem sistem dua jalur zonasi dan prestasi. Dengan adanya problem tersebut, maka solusinya antara lain: selalu meningkatkan sarana prasarana dengan melibatkan banyak pihak yayasan dan stakeholder sekitar sekolah dengan tidak berpangku tangan kepada pemerintah semata, membuat pembelajaran yang menyenangkan, penambahan kurikulum agama yang menjadi khas sekolah, guru membuat terobosan dalam pembelajaran, dan evaluasi dalam setiap kegiatan. Penelitian ini menggunakan paradigma interpretif melalui pendekatan kualitatif, jenis studi kasus. Hasil penelitian guru pendidikan agama Islam dikatakan berhasil dalam mendidik ialah yang dapat mengintegrasikan antara konsep yang ada di al-qur'an dan al-hadist dengan keseharian para peserta didik utamanya di sekolah dan dapat diterapkan juga keseharian di luar sekolah, guru juga di tuntut profesional dengan memahami dan mengaplikasikan kode etik guru dengan kinerja guru dalam kehidupan sosialnya.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

alhayat

Publisher

Subject

Education

Description

Al-Hayat: Journal of Islamic Education: e-ISSN: 2599-3046 is an international journal published by the Affairs Al-Hayat Al-Istiqomah Foundation. The journal focuses its scope on the issues of Islamic education. We invite scientists, scholars, researchers, as well as profesionnals in the field of ...