Tujuan dari penelitian ini adalah solusi dengan merancang media pembelajaran modern yaitu windows dan game edukasi multi-platform berbasis android yang disisipkan dengan bahan bacaan berdasarkan kurikulum mata pelajaran bahasa Inggris di lembaga pendidikan Islam untuk siswa kelas 7 Tsanawiyah (MTs). Game ini dirancang dengan menggunakan perangkat lunak Construct 2. Penelitian ini menghasilkan game edukasi multi-platform yaitu The Adventure of Timun Mas. Validasi materi dan media dilakukan oleh beberapa ahli yang kompeten di bidangnya. Validasi materi dilakukan oleh guru Bahasa Inggris di tsanawiyah dan dosen Pendidikan Bahasa Inggris. Sementara itu, validasi media dilakukan oleh praktisi, pengembang game, dan dosen Teknik Informatika. Dari hasil validasi materi dan media, setiap validator dijumlahkan, dan kemudian dibagi dengan skor keseluruhan dan dikalikan dengan 100%. Hasil akhir validasi produk adalah 82,95%, menunjukkan bahwa permainan The Adventure of Timun Mas valid dan layak untuk digunakan.
Copyrights © 2019