Al-Hayat: Journal of Islamic Education
Vol 3 No 2 (2019): Al-Hayat: Journal of Islamic Education

Effectiveness of Reading for Islamic Education: Design of Multi-Platform Educational Game as Instructional Media

Yusniarsi Primasari (Universitas Islam Balitar, Blitar, East Java, Indonesia)
Sri Lestanti (Universitas Islam Balitar, Blitar, East Java, Indonesia)
Riska Dhenabayu (Universitas Islam Balitar, Blitar, East Java, Indonesia)



Article Info

Publish Date
13 Dec 2019

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah solusi dengan merancang media pembelajaran modern yaitu windows dan game edukasi multi-platform berbasis android yang disisipkan dengan bahan bacaan berdasarkan kurikulum mata pelajaran bahasa Inggris di lembaga pendidikan Islam untuk siswa kelas 7 Tsanawiyah (MTs). Game ini dirancang dengan menggunakan perangkat lunak Construct 2. Penelitian ini menghasilkan game edukasi multi-platform yaitu The Adventure of Timun Mas. Validasi materi dan media dilakukan oleh beberapa ahli yang kompeten di bidangnya. Validasi materi dilakukan oleh guru Bahasa Inggris di tsanawiyah dan dosen Pendidikan Bahasa Inggris. Sementara itu, validasi media dilakukan oleh praktisi, pengembang game, dan dosen Teknik Informatika. Dari hasil validasi materi dan media, setiap validator dijumlahkan, dan kemudian dibagi dengan skor keseluruhan dan dikalikan dengan 100%. Hasil akhir validasi produk adalah 82,95%, menunjukkan bahwa permainan The Adventure of Timun Mas valid dan layak untuk digunakan.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

alhayat

Publisher

Subject

Education

Description

Al-Hayat: Journal of Islamic Education: e-ISSN: 2599-3046 is an international journal published by the Affairs Al-Hayat Al-Istiqomah Foundation. The journal focuses its scope on the issues of Islamic education. We invite scientists, scholars, researchers, as well as profesionnals in the field of ...