JURNAL CITRA KEPERAWATAN
Vol 7 No 2 (2019): JURNAL CITRA KEPERAWATAN

Hubungan antara Stres, Motivasi dan Hasil Belajar Mahasiswa

Fajar Rinawati (Akademi Keperawatan Dharma Husada Kediri)
Sucipto sucipto (Akper Dharma Husada Kediri)



Article Info

Publish Date
30 Dec 2019

Abstract

Setiap individu pasti pernah mengalami stres, apalagi mahasiswa yang harus berkutat dengan tugas dan belajar. Banyak sekali kisah di media massa tentang mahasiswa yang mengalami stres hingga mengakhiri hidupnya. Kondisi stres yang dialami mahasiswa sangat mempengaruhi proses belajar mengajar mahasiswa. Begitu juga motivasi, karena motivasi adalah suatu hal yang sangat diperlukan untuk meningkatkan prestasi belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara stres dan motivasi terhadap prestasi belajar mahasiswa Akademi Keperawatan Dharma Husada Kediri. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif korelasional dengan pendekatan cross sectional. Sampel dalam penelitian ini adalah mahasiswa Akademi Keperawatan Dharma Husada Kediri yang sesuai dengan kriteria inklusi yang telah ditetapkan. Jumlah sampel yang didapatkan adalah 39 responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa baik stres, maupun motivasi tidak mempengaruhi secara signifikan terhadap hasil belajar mahasiswa dengan nilai p-value 0.564 (untuk stres) dan 0.206 (untuk motivasi). Akademi Keperawatan Dharma Husada Kediri mempunyai mekanisme dalam proses pembelajaran yang tersistem. Hal ini akan mengurangi stres pada mahasiswa dan akan membuat motivasi belajar mahasiswa meningkat, yang akan berdampak pada peningkatan nilai Indeks Prestasi Kumulatif mahasiswa.

Copyrights © 2019