Jurnal Bidang Pendidikan Dasar
Vol 4 No 1 (2020): January

RELEVANSI BUKU CERITA ANAK “NOME” KARYA NURHAIDA DENGAN PROGRAM PENDIDIKAN KARAKTER DI SEKOLAH DASAR

Wawang Nurfalah (Universitas Pendidikan Indonesia)
Tatang Syaripudin (Universitas Pendidikan Indonesia)
Arie Rakhmat Riyadi (Universitas Pendidikan Indonesia)



Article Info

Publish Date
27 Jan 2020

Abstract

Abstrak. Secara umum penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan relevansi buku cerita anak dengan program Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar, meliputi relevansinya dengan jenjang dan tingkat kelas Sekolah Dasar, relevansi dengan komponen isi program pendidikan karakter, dan relevansi dengan Kompetensi Dasar Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif non-interaktif dengan metode deskriptif berupa studi literatur. Sumber data adalah buku cerita anak “Nome” yang diterbitkan oleh Kemdikbud RI. Hasil penelitian menunjukan empat subcerita relevan untuk jenjang Sekolah Dasar kelas tinggi. Relevan dengan komponen isi program pendidikan karakter karena mengandung lima nilai karakter utama. Relevan dengan struktur kurikulum program pendidikan karakter karena dapat di integrasikan dalam pembelajaran bahasa Indonesia Sekolah Dasar. Abstract. In general, this study aims to describe the relevance of children's storybooks to the Character Education program in Elementary Schools, including their relevance to Elementary School levels and levels, relevance to the component contents of character education program content, and relevance to Indonesian Language Basic Competencies in Elementary Schools. This study uses a non-interactive qualitative approach with descriptive methods in the form of literature studies. The data source is the children's storybook "Nome" published by the Indonesian Ministry of Education and Culture. The results showed four sub-stories relevant to the high-grade elementary school level. Relevant to the component content of the character education program because it contains five central character values. Relevant to the curriculum structure of the character education program because it can be integrated into Indonesian Elementary School learning.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

JBPD

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Bidang Pendidikan Dasar diterbitkan oleh Fakultas Pendidikan Universitas Kanjuruhan Malang, ISSN 2549-0125 (online), ISSN 2549-0117 (cetak). Jurnal ini menerbitkan strategi pembelajaran, manajemen sekolah dan kelas, evaluasi pendidikan, kurikulum, pengembangan media dan bahan ajar. Setiap ...