Jurnal Pendidikan Terbuka Dan Jarak Jauh
Vol. 20 No. 2 (2019)

A COMPARATIVE STUDY OF THE USE OF OPEN EDUCATIONAL RESOURCES (OER) AT E-LEARNING UNIVERSITY AND FACE-TO-FACE UNIVERSITY IN YOGYAKARTA (A CASE STUDY AT UT AND UNY)

Andre Syafrony (Universitas Terbuka)



Article Info

Publish Date
31 Jan 2020

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk menemukan dan membandingkan tingkat penggunaan Open Educational Resources (OER). Penekanannya adalah pada yang mempengaruhi penggunaan OER dan persepsi tentang penggunaan OER dari dosen E-learning University dan Konvensional (Face To Face teaching) Universitas di kota Yogyakarta. Fokus studi murni melibatkan dua universitas negeri: Universitas Terbuka (UT) sebagai Universitas E-learning dan Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) sebagai Universitas Pembelajaran Tatap Muka. Data dikumpulkan dari sampel 30 responden dari masing-masing universitas menggunakan metode kuesioner. Hasil data menunjukkan bahwa dosen di kedua universitas memiliki keterampilan teknologi ahli, dan keduanya menggunakan sumber daya digital dan OER. Para dosen UT, bagaimanapun, menunjukkan persepsi yang lebih positif tentang penggunaan OER berbeda dengan kuliah sebagai bahan pendukung daripada UNY.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

JPTJJ

Publisher

Subject

Education

Description

Merupakan media informasi dan komunikasi para praktisi, peneliti, dan akademisi yang berkecimpung dan menaruh minat serta perhatian pada pengembangan pendidikan terbuka dan jarak jauh di Indonesia. Diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, Universitas ...