Juring (Journal for Research in Mathematics Learning)
Vol 2, No 4 (2019)

Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Square (TPS) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII-A SMP Negeri 1 Bangkinang Kota

Ferina Maulidyah (Pendidikan Matematika FKIP Universitas Riau)
Kartini Kartini (Pendidikan Matematika FKIP Universitas Riau)
Zuhri D (Pendidikan Matematika FKIP Universitas Riau)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2019

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar matematika melalui penerapan model pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Square (TPS). Subjek penelitian ini adalah siswa Kelas VII-A SMP Negeri 1 Bangkinang Kota pada semester ganjil tahun pelajaran 2019/2020, dengan jumlah siswa 30 orang yang terdiri dari 13 orang laki-laki dan 17 orang perempuan. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Data terkait proses pembelajaran dikumpulkan melalui teknik observasi dengan menggunakan lembar observasi. Data hasil belajar dikumpulkan melalui teknik tes menggunakan soal tes. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan analisis kualitatif dan analisis kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan secara kuantitatif terjadi peningkatan hasil belajar matematika siswa setelah diterapkannya pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Square (TPS), yaitu terjadinya peningkatan jumlah siswa yang mencapai KKM dari siklus I ke siklus II. Pada analisis data kuantitatif, untuk kompetensi pengetahuan persentase jumlah siswa yang mencapai KKM pada siklus I ialah 50% dan 76,67% pada siklus II. Pada kompetensi keterampilan, persentase jumlah siswa yang mencapai KKM pada siklus I ialah 53,33% meningkat menjadi 60% pada siklus II. Sedangkan secara kualitatif selama proses pembelajaran berlangsung pelaksanaan proses pembelajaran semakin membaik untuk setiap pertemuan. Hal ini ditandai dengan meningkatnya keaktifan dan aktifitas siswa selama pelaksanaan proses pembelajaran yang dilihat dari lembar observasi yang dilakukan selama penelitian. Dari analisis dapat disimpulkan bahwa pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Square (TPS) dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VII-A SMP Negeri 1 Bangkinang Kota.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

juring

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Juring: Journal for Research in Mathematics Learning (pISSN 2621-7430 | eISSN 2621-7422) is a peer-reviewed publication with free access. The journal aims to publish original manuscripts on research and review from mathematics learning area. The main objective of the journal is to promote the ...