Jurnal Gizi dan Pangan Soedirman (JGPS)
Vol 2 No 2 (2018): Jurnal Gizi dan Pangan Soedirman

PENGARUH VARIASI DAYA DAN WAKTU EKSTRAKSI BERBANTU GELOMBANG MIKRO TERHADAP TOTAL FENOL DAN pH BUNGA ROSELA (Hibiscus sabdariffa L.)

Ali Maksum (Universitas Jenderal Soedirman)



Article Info

Publish Date
08 Mar 2019

Abstract

Minuman fungsional adalah minuman yang mengandung senyawa aktif seperti fenol, vitamin C, dan antosianin. Salah satu tanaman yang mengandung senyawa bioaktif adalah rosella. Namun, kandungan senyawa bioaktif yang terdapat didalam kelopak bunga rosela mudah terpengaruh oleh panas. Berdasarkan hal tersebut, maka perlu diteliti pengaruh daya microwave dan lama waktu ekstraksi kelopak bunga rosela yang tepat agar diperoleh rendemen senyawa bioaktif yang tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variasi daya microwave, lama waktu ekstraksi, terhadap total fenol dan pH ekstrak kelopak bunga rosela. Penelitian ini menggunakan rancangan acak kelompok (RAK). Dua faktor yang diteliti yaitu metode daya microwave (P), yang terdiri dari 100 watt (P1), 175 watt (P2), 250 watt (P3), 325 watt (P4), dan 400 watt (P5) dan Lama Waktu Ekstraksi (T) yang terdiri dari lama ekstraksi 1 menit (T6), 3 menit (T7), 5 menit (T8), 7 menit (T9), dan 9 menit (T10). Hasil penelitian menunjukan daya microwave terbaik yaitu pada daya 325 watt (P4) dengan total fenol 75,755 mg/100 gram dan pH sebesar 2,4. Sedangkan pada lama waktu ekstraksi terbaik pada 5 menit (T8) dengan total fenol sebesar 75,843 mg/100 gram, dan pH sebesar 2,49.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

jgps

Publisher

Subject

Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Education Health Professions Medicine & Pharmacology Public Health

Description

Journal Gizi dan Pangan Soedirman advances to publish scientific and authentic research articles with various topic regarding nutrition and food sciences. The relevants aspects to the topic are clinical nutrition, dietetics, public health nutrition, paediatrics and maternal nutrition, nutrigenomic ...