JUMPA (Jurnal Masalah Pastoral)
Vol 4 No 2 (2016): Jurnal Masalah Pastoral (JUMPA)

Penerapan Model Pembelajaran Sinektik Pada Pendidikan Agama Katolik

Paustina Ngali Mahuze (STK St. Yakobus Merauke)



Article Info

Publish Date
02 Oct 2016

Abstract

Landasan judul ini adalah teknologi pembelajaran yang merupakan suatu bidang yang mengkaji tentang teori dan praktek dalam desain pengembangan, pemanfaatan, pengelolaan, serta evaluasi proses dan sumber belajar. Pemanfaatan model pembelajaran sinektik, sangat erat kaitannya dengan proses memfasilitasi dan mengelolah serta membantu pendidik dalam menyelesaikan permasalahan pembelajaran. Melalui teknologi pembelajaran diharapkan dapat memecahkan permasalahan yang melanda dunia pendidikan dalam misi membangun manusia yang berbudaya dan berkarakter. Dalam proses pembelajaran membutuhkan model, strategi, cara/teknik penyajian yang digunakan agar tercapai tujuan belajar. Model pembelajaran yang diterapkan dalam pelajaran agama Katolik, di dalamnya terdapat cara-cara atau teknik-teknik atau metode penyampaian isi pesan yang terdapat dalam Kitab Suci. Guru sebagai fasilitator menggunakan cara tertentu dalam menuntun peserta didik mencapai tujuan pembelajaran yang telah dirumuskan dan ditetapkan dalam kurikulum sekolah. Penerapan model pembelajaran sinektik dirancang untuk memproseskan pembelajaran agama Katolik, mengembangkan dan menumbuhkan iman akan Yesus Kristus dengan analogi-analogi serta metafora-metafora yang membangun hubungan perumpamaan, perbandingan satu objek atau gagasan dengan objek atau gagasan lain dengan cara menukarkan posisi keduanya.

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

JUMPA

Publisher

Subject

Religion Humanities Education

Description

Jurnal Masalah Pastoral atau disingkat JUMPA adalah jurnal yang diterbitkan oleh Sekolah Tinggi Katolik Santo Yakobus Merauke secara berkala pada bulan April dan Oktober setiap tahunnya. Jurnal ini membahas persoalan pastoral Gereja meliputi masalah: Pendidikan, Katekese, Teologi, Fenomenologi ...