JURNAL ILMIAH MAHASISWA AGROINFO GALUH
Vol 7, No 1 (2020): Januari 2020

ANALISIS BIAYA, PENDAPATAN, DAN R/C PADA USAHATANI KACANG HIJAU (STUDI KASUS DI DESA KERTAJAYA KECAMATAN MANGUNJAYA KABUPATEN PANGANDARAN)

Arfah, Dika (Unknown)
Rochdiani, Dini (Unknown)
Isyanto, Agus Yuniawan (Unknown)



Article Info

Publish Date
13 Feb 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Besarnya biaya, penerimaan dan pendapatan usahatani kacang hijau di Desa Kertajaya Kecamatan Mangunjaya Kabupaten Pangandaran, dan (2) Besarnya R/C pada usahatani usahatani kacang hijau di Desa Kertajaya Kecamatan Mangunjaya Kabupaten Pangandaran. Penelitian dilaksanakan dengan menggunakan metode survei dengan mengambil kasus di Desa Kertajaya Kecamatan Mangunjaya Kabupaten pangandaran. Sampel penelitian sebanyak 76 petani yang diambil dengan menggunakan proportional simpel random sampling. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Biaya usahatani kacang hijau sebesar Rp 7.027.761,12, penerimaan sebesar Rp 13.728.366,32 dan pendapatan Rp 6.700.605,20, dan (2) R/C sebesar 1,95 yang menunjukan bahwa usahatani kacang hijau tersebut layak untuk diusahakan.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

agroinfogaluh

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry

Description

Jurnal Ilmiah Mahasiswa AGROINFO GALUH merupakan jurnal ilmiah berkala yang memuat hasil penelitian dari mahasiswa Program Studi Agribisnis Fakultas Pertanian Universitas ...